Arti kata Balam

Balam, mungkin kita jarang mendengar kata itu. Memang, kata balam adalah kata yang tidak lazim digunakan di dalam keseharian kita. Namun sebenarnya, arti dari Balam sendiri cukup perlu untuk kita bahas, mengingat kata ini ternyata memiliki 3 arti yang berbeda. Ya, arti kata balam menurut KBBI ada 3, dan semuanya berbeda.

Dengan makna kata balam yang bermacam-macam ini, tentu membuat kita harus memperhatikan kalimatnya dengan seksama. Jangan sampai kita terlampau sembarangan dalam mengartikan dan mengejewantahkan arti kata balam itu sendiri. Alangkah lebih baik, bila kita mampu memahami arti dan makna kata balam dengan lebih baik.

Lalu apa makna kata balam menurut KBBI itu? Langsung saja, tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak bersama:

1. ba·lam [1] n burung tekukur (di Jawa disebut drekuku);bagai — dng ketitir, pb perihal dua orang yg selalu bertengkar, masing-masing membanggakan dirinya

2. ba·lam [2] a, ba·lam-ba·lam a tidak kelihatan nyata krn jauh (gelap, terliput kabut); berbalam; membalam: jauh di seberang lautan tampaklah – sebuah negeri;

ber·ba·lam v balam-balam;

mem·ba·lam v balam-balam: lurah dan gunung tampak -

3. ba·lam [3] n tumbuhan (pokok) kecil yg dapat diambil getahnya, banyak macamnya spt
– beringin, Pavena leerii;
– merah, Palaqium gutta

Jadi, terlihat jelas kan perbedaan makna dari lafal yang benar-benar sama dari balam itu? Ada yang bermakna kata benda, ada pula yang bermakna kata sifat. Karena itulah, kita harus memperhatikan betul, bagaiman bentuk kalimat yang menyertainya.

Salah satu pemakaian kata Balam terdapat pada puisi Sanusi Pane yang berjudul Di Lingkung Adat Lembaga. Pada puisi itu, kata Balam yang digunakan adalah kata Balam yang pertama, yaitu nama sebuah burung.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai Arti kata balam. Semoga dapat bermanfaat. Dan jangan segan untuk menuliskan komentar dan pendapat anda di kolom bawah. Terimakasih.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>