Arti Kata Banter

Artikel ini akan membahas mengenai arti kata banter dan cara penggunaannya yang tepat. Sehingga pembaca dapat memaknai serta menggunakan kata banter sebagaimana mestinya.

Dalam bahasa Indonesia, seringkali masyarakat sulit membedakan mana kata yang baku dan mana yang tidak baku. Seringnya, seseorang menganggap dan menggunakan sebuah kata sebagai kata baku hanya berdasar pada logika yang ternyata justru salah. Kita harus ingat bahwa penggunaan kata dalam bahasa adalah sebuah kesepakatan bersama, yang konsensusnya melalui berbagai proses yang tidak cepat. Artinya, sebisa mungkin kita harus memiliki dasar dalam menganggap sebuah kata itu baku atau tidak, untuk kemudian menggunakannya secara tepat dalam tulisan kita. Ingat, penggunaan kata tidak baku dalam tulisan tanpa tanda tertentu (apakah tanda petik ataupun huruf miring) dapat merusak citra penulis itu secara tidak langsung.

Lalu, pedoman apa yang pantas untuk menentukan apakah kata itu baku atau tidak? Tentu saja dengan Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan dalam kasus arti kata banter ini, kita tentu saja akan menggunakan KBBI itu. Seperti dugaan sahabat, kata banter tercantum di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Lalu apa arti kata Banter itu menurut KBBI? Mari kita simak bersama.

ban·ter a cak 1 sangat; keras (dl keadaan dsb): paling — cuma dimarahi, paling keras hanya dimarahi; sangat-sangatnya hanya dimarahi; 2 tinggi (tt harga): paling — hanya Rp5.000,00 harganya, paling mahal; semahal-mahalnya; 3 lekas; cepat: paling — sekali setahun bisa bertemu; 4 lama; lambat (tt waktu): paling — aku dapat menunggu sampai pukul 05.00, selambat-lambatnya; 5 banyak (tt jumlah): paling — hanya dapat menampung 48 orang murid;

 

mem·ban·ter v, – biola menegangkan tali biola

 

Jadi, itulah makna kata banter yang dapat kita jadikan pedoman dalam membuat sebuah tulisan. Ada kata banter sebagai kata sifat, ada pula kata banter sebagai kata kerja, dan hanya berlaku khusus untuk biola.

Kata banter, meskipun terkesan adalah bahasa Jawa yang sering dikatakan dalam bahasa Indonesia, ternyata adalah benar-benar bahasa Indonesia. Jadi, mulai sekarang, janganlah sahabat ragu untuk menggunakan kata banter dalam tulisan sahabat. Tentu saja sesuai dengan arti yang tepat. Salah satu penggunaan kata ini, terdapat dalam Proses Kreatif Rendra yang ditulis sendiri oleh Rendra.

Demikianlah pembahasan kita mengenai arti kata banter, semoga bermanfaat. Mari terus menulis!

This entry was posted in Kamus and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Banter

  1. Pingback: Proses Kreatif Saya (Rendra) Sebagai Penyair (Bagian 1) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>