Arti Kata Carak

Kata Carak dalam bahasa Indonesia memang masih terkesan asing dan jarang digunakan. Tapi bukan berarti penggunaan kata carak menjadi sama sekali nihil dalam dunia kesusastraan Indonesia.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan penduduk terbanyak di dunia, tentu memiliki banyak sekali kosa kata yang jarang digunakan. Beberapa diantaranya bahkan berasal dari bahasa daerah yang kemudian “dinasionalkan” oleh pihak-pihak yang menjadi rujukan bahasa di negeri ini. Salah satu kata yang kami maksud adalah kata carak. 

Apa arti kata carak? Apa arti kata yang mirip dengan carak seperti caraka? Akan kami jawab pada artikel kali ini.

Arti kata Carak (1)

ca·rak [1] v, men·ca·rak v 1 meneguk (air) dng mencucurkannya ke mulut; 2 mengisap (telur ayam mentah); 3 mengambil secara berlebihan (untung dsb);~ benak ki mengambil untung terlalu besar; mengisap darahpen·ca·rak n orang yg mengambil secara berlebihan (untung dsb);~ benak orang, pb orang yg suka mengambil milik orang lain dng cara yg lalim

Arti kata Carak (2)

ca·rak [2] v, men·ca·rak v 1 mulai kelihatan (tt matahari); 2 membuka dan melihat (kartu)

Arti kata Caraka

ca·ra·ka Jw n 1 utusan, duta; 2 huruf Jawa

Jadi, seperti yang kita lihat, kata carak, meskipun sangat jarang digunakan, tetap memiliki multi tafsir yang sangat perlu untuk diperhatikan oleh masyarakat Indonesia. Karena salah menggunakan kata carak, sangat mungkin akan mengakibatkan kesalahan dalam makna kalimat.

Salah satu penggunaan kata carak yang dapat kita lihat adalah pada puisi tentang pembangunan Yogyakarta yang ditulis oleh Agfian Muntaha.

Itulah tadi pembahasan kami mengenai arti kata carak. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>