Arti Kata Dera

Sudah sering bukan mendengar kata dera? Iya, kata itu sering sekali digunakan dalam berbagai kesempatan. Bentuk pengucapannya yang terkesan unik, membuat kata dera kini tak lagi digunakan sebatas pada makna denotasinya, tapi pada makna konotasi yang semakin lama semakin luas. Lapar yang mendera; Di dera hukuman penjara; dan lain-lain adalah contoh kata dera dengan makna konotasi.

Tunggu dulu, kata-kata di atas adalah penggunaan dera dengan makna konotasi? Kalau begitu, apa makna sebenarnya dari kata dera? Apa arti kata dera yang masih murni dan belum bercampur dengan makna-makna puitis yang kini juga sudah menghinggapi kata bahtera itu?

Tentu saja, untuk menjawab pertanyaan di atas, kita akan menggunakan sumber paling dapat dipercaya dalam bahasa Indonesia, yaitu KBBI. Berita baiknya adalah, menurut KBBI, arti kata dera tidak lebih dari satu. Artinya, kata dera memiliki arti yang absolut.

Inilah arti kata dera menurut KBBI:

de·ra kl n pukulan (dng rotan, cemeti, dsb) sbg hukuman;

men·de·ra v memukul (dng rotan, cemeti, dsb) sbg hukuman: ~ terpidana dng cambuk sepuluh kali

Seperti yang sudah diungkapkan di atas. Pengertian (definisi) itu membuat kata di dera dengan hukuman seberat 5 tahun penjara bukan termasuk dalam penggunaan kata dera dalam makna denotasinya. Karena hukuman itu tidak memukul ataupun dicambuk, melainkan hanya dengan kurungan penjara.

Kata dera yang cenderung puitis juga banyak digunakan dalam puisi-puisi Indonesia. Salah satunya adalah pada puisi Mengeluh, karya Rustam Effendi.

Itulah pembahasan kita mengenai arti dari dera, semoga dapat bermanfaat. Dan apabila ada kritik, kami persilakan untuk menuliskannya di kotak komentar. Diskusi yang sehat sangat diharapkan. :)

Rustam EffendiWikipedia: Roestam Effendi was an Indonesian writer and member of the House of Representatives of the Netherlands.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>