Arti Kata Dogma

Kata dogma sebagai kata yang cukup sering digunakan dalam berbagai karya tulis ataupun perbincangan sehari-hari, memiliki arti yang cukup ‘dalam’. Karena itulah, sangat disarankan bagi sahabat yang ingin menggunakan kata dogma ini agar benar-benar paham akan maknanya. Jika salah menggunakan makna dogma, bisa menjadikan konflik rawan terjadi. Mengapa? Karena dogma cukup sensitif.

Jadi, mari kita bahas arti kata dogma dan beberapa kata lain yang mengikutinya, seperti dogmatik, dogmatis, dan dogmatisme.

Langsung saja kita bahas tentang arti kata dogma menurut KBBI:

dog·ma n 1 pokok ajaran (tt kepercayaan dsb) yg harus diterima sbg hal yg benar dan baik, tidak boleh dibantah dan diragukan; 2 keyakinan tertentu

Dan inilah arti kata-kata lain yang mengikutinya:

dog·ma·tik n hal ihwal ajaran serta keyakinan agama atau kepercayaan yg tidak boleh dipersoalkan (harus diterima sbg kebenaran)

dog·ma·tis a bersifat mengikuti atau menjabarkan suatu ajaran tanpa kritik sama sekali

dog·ma·tis·me n paham yg berdasarkan dogma

Ya, itulah tadi beberapa arti kata dogma dan kata-kata lain yang mengikutinya. Dari situ memang terlihat bahwa kata dogma biasanya melibatkan sisi paling idealis dari manusia, sehingga jika kita salah memaknai dan menggunakan kata dogma, bisa saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Kata dogma sendiri sudah banyak digunakan dalam berbagai kesempatan. Salah satunya pernah digunakan dalam karya tulis seorang WS. Rendra dalam opininya: Melawan Mesin.

Pembahasan kita mengenai arti kata dogma berakhir di sini. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus. Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Dogma

  1. Pingback: Opini Rendra: Melawan Mesin (Bagian 2) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>