Arti kata Durjana, Jahanam, dan Nista

Selamat siang masyarakat, dalam postingan ini kami akan mencoba membahas tentang arti kata durjana, jahanam, dan nista. Tiga kata yang kami rasa sudah sering digunakan, dan mungkin sebagian besar dari kita sudah paham garis besar maksud dari tiga kata tersebut. Tapi, apakah kita paham dengan benar, pengertian yang benar-benar detail dari Kamus Besar Bahasa Indonesia terhadap ketiga kata itu? Itulah yang coba kami lakukan di tulisan kali ini.

Baiklah, mari kita bahas satu persatu:

Arti kata Durjana

Durjana bisa dibilang cukup jarang digunakan dalam bahasa percakapan modern saat ini. Karena memang, kata ini termasuk kata yang klasik dan seringnya digunakan dalam karya sastra yang berbau elegan dan tidak biasa. Tapi, kami yakin dan sepakat, bahwa semua orang yang mendengar kata durjana pasti sudah tahu apa arti secara garis besarnya. Tapi mari kita membahas arti dari durjana ini berdasarkan sumber yang paling kredibel, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Berikut adalah arti kata durjana menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia versi daring:

dur·ja·na kl 1 a jahat: perbuatan — , perbuatan jahat; 2 n kejahatan; 3 n penjahat;

 

ke·dur·ja·na·an n kejahatan

 

Yap, sangat simpel bukan? Dan mungkin sebagian besar dari kita sudah tahu hal tersebut jauh-jauh hari. Tapi tetap saja, tidak ada salahnya memastikan, bukan?

Arti Kata Jahanam

Baiklah, kata ini memang sangat populer. Selain cukup sering digunakan untuk mengumpat atau berpuisi, kata Jahanam juga digunakan dalam term teologis yang bermakna cukup mengerikan. Misalnya neraka jahanam.

Tapi mari, kita melihat artinya berdasarkan media daring dari KBBI. Dan berikut adalah arti kata Jahanam menurut KBBI:

ja·ha·nam 1 a cak terkutuk; jahat sekali: perempuan — , enyah dr sini; 2 v celaka; binasa: rumah tanggamu akan — jika engkau tidak menurut nasihatku; 3 n laut api tempat menyiksa di akhirat: neraka –;

 

men·ja·ha·nam·kan v 1 membinasakan; mencelakakan; 2 mempersetan; mengutuki

Ya, seperti yang sudah kita duga. Jahanam selalu berkonotasi negatif, tidak ada satupun literatur yang kemudian mencoba mengubah kata jahanam menjadi term yang positif. Tidak ada.

Arti Kata Nista

Yang ini merupakan serapan dari bahasa Jawa. Nista cukup sering pula digunakan, dan mungkin beberapa orang sudah memahami apa maksudnya. Dan kami yakin, perkiraan anda tentang arti nista adalah benar. Hanya saja, sekali lagi kita wajib memastikan arti kata nista menurut media yang diakui sebagai penjelas bahasa di negara kita: KBBI.

Inilah arti kata Nista menurut KBBI:

nis·ta a 1 hina; rendah: perbuatan itu sangat –; 2 tidak enak didengar: kata-kata –; 3 cak aib; cela; noda: – yg tidak terhapuskan lagi;

 

me·nis·ta v menganggap nista; mencela;

 

me·nis·ta·kan v menjadikan (menganggap) nista; menghinakan; merendahkan (derajat dsb): janganlah suka ~ orang lain krn bagi Tuhan manusia itu semuanya sama;

 

ter·nis·ta a dl keadaan direndahkan, dihina, atau dicela: banyak tenaga kerja Indonesia ~ di negeri orang;

 

nis·ta·an n cercaan; makian; perbuatan (perkataan dsb) untuk menista: ia lahir dan besar melalui ~ dan celaan;

 

pe·nis·ta n orang yg menista(kan);

 

ke·nis·ta·an n hal nista

Ya, itulah tadi arti kata durjana, jahanam, dan nista yang memiliki arus yang sama: arus negatif yang digunakan untuk menghardik orang yang mendapatkan kata-kata tersebut.

Semoga artikel ini bisa membantu masyarakat semua. Terima kasih dan selamat siang. :)

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>