Arti Kata Elaborasi

Dalam penggunaan bahasa Indonesia masa kini, kita sering kali mendengar orang menggunakan kata elaborasi. Sebuah kata yang menarik untuk dibahas. Mengapa? Karena mungkin, tidak semua dari kita mengerti-dan memahami- arti kata elaborasi ini.

Hal itu sangat mungkin terjadi, mengingat kata elaborasi adalah sebuah kata asing yang diserap dalam bahasa Indonesia. Membuatnya sangat rentan untuk dipahami secara salah kaprah oleh masyarakat.

Untuk itulah, pada pembahasan kali ini, kami akan membahas mengenai arti kata elaborasi. 

Dan inilah arti kata elaborasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) :

ela·bo·ra·si /élaborasi/ n 1 penggarapan secara tekun dan cermat: nilai filsafat antropologi modern terletak dl — dan pendalaman pengetahuan historis tt manusia; 2 Bio pembentukan zat-zat kompleks yg merupakan bagian dr tumbuh-tumbuhan atau hewan dr zat-zat yg lebih sederhana (tidak kompleks);

meng·e·la·bo·ra·si v menggarap (mengerjakan) sesuatu secara tekun dan cermat: partai ini kurang berhasil ~ “kebenaran”

Jadi, seperti itulah makna elaborasi yang sebenarnya menurut KBBI. Bagaimana dengan pemahaman anda selama ini? Apakah sama? Atau seperti yang kami bilang di awal tadi, salah kaprah?

WS. Rendra sendiri pernah menggunakan kata elaborasi ini di dalam karya tulisnya yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I dan menggunakan kata ini dengan cukup tepat.

Itulah pembahasan kami mengenai arti kata elaborasi. Semoga dengan pembahasan ini kita dapat menggunakan kata elaborasi dengan lebih tepat lagi. Semoga manfaat ini membuat kita lebih bijak dalam berbahasa Indonesia.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>