Arti Kata Epigon

Kata epigon merupakan kata yang sangat jarang digunakan. Karena memang kata epigon merujuk pada satu atau dua saja substansi dalam kehidupan. Bukan kata umum yang bisa digunakan sembarangan dalam berbagai kesempatan. Karena itu, masih banyak orang yang tidak mengetahui arti kata dari epigon.

Makna Epigon sendiri sebenarnya cenderung negatif dan tidak disukai oleh orang. Bisa dibilang, tidak ada seorang pun yang sudi dipanggil dengan kata epigon ini. Mungkin ini pula yang menyebabkan kata epigon jarang digunakan. Karena jarang digunakan ini pula, makna kata epigon tidak banyak diketahui oleh orang-orang.

Tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah arti kata dari epigon:

epi·gon /épigon/ n orang yg tidak memiliki gagasan baru dan hanya mengikuti jejak pemikir atau seniman yg mendahuluinya; peniru seniman atau pemikir besar: – Chairil Anwar banyak terdapat pd tahun lima puluhan

Seperti yang disebutkan di atas, epigon berarti negatif dan tidak menyenangkan untuk didengar. Bisa dibilang, epigon adalah sebuah kata yang urutannya persis di atas plagiat. Maksudnya epigon hanya sedikit lebih baik dari plagiat, tapi tetap saja tidak baik.

Epigon sendiri kadang juga mendapat imbuhan untuk menunjukan sifat-sifatnya, seperti misalnya epigonisme. Hal ini juga sering digunakan oleh beberapa tokoh sastra untuk menghakimi tokoh sastra lainnya. Seperti “pengadilan puisi” dari Slamet Kirnanto yang memojokkan Goenawan Mohamad dan teman-temannya. Di mana pada kesempatan itu, dia menyebut Goenawan Mohamad, Sapardi Djoko Damono, dan Abdul Hadi hanyalah epigon-epigon yang saling terhubung. Namun pernyataan ini dibantah keras oleh H.B. Jassin.

Itulah makna dan arti dari epigon, semoga dapat bermanfaat. Jangan segan untuk memberikan kritik dan saran lewat kotak komentar di bawah.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Arti Kata Epigon

  1. hamam hariadi says:

    Halaman seperti ini sangat bermanfaat membebaskan saya dari titik buta arti kata & menambah perbendaharaan kosakata yang saya tahu

    • Pengembara Mimpi says:

      Terimakasih mas Hamam, anda membuat segenap admin menjadi semakin bersemangat untuk menulis dan berbagi. :)

  2. danny says:

    mantap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>