Arti Kata Feodalisme

Artikel ini akan membahas mengenai arti kata feodalisme yang sering kita dengar ketika membicarakan politik ataupun sosial, bahkan yang bersifat humaniora sekalipun. Tulisan ini akan mencoba memberikan pemahaman kepada pembaca sekalian tentang arti kata feodalisme yang benar, sekaligus mengajak pembaca untuk menggunakan kata feodalisme ini dalam tulisan dengan benar dan tepat.

***

Feodalisme. Sebuah kata yang terkesan klasik (dan memang klasik) namun dalam berbagai kesempatan masih akan terus digunakan dan dibicarakan. Setiap warga negara Indonesia memang sebaiknya memahami kata feodalisme ini, agar kelak saat mendapat kesempatan memimpin negara ini tidak tersesat dan justru kembali pada feodalisme ini. Yang jelas-jelas sudah terbukti merugikan rakyat.

Lalu, apa itu arti dari feodalisme? Untuk menjawabnya, kita tentu tidak bisa menafikan kata yang sangat akrab dengannya, yaitu feodal. Ya, untuk memahami feodalisme secara utuh, kita harus memahai pula arti kata feodal, bahkan kalau perlu juga arti kata feodalistis. Dan karena itulah, sekarang akan kita bahas satu persatu secara singkat.

Untuk mengetahui arti kata masing-masing dari mereka, marilah kita menengok sekali lagi buku sakti kita yang mungkin sudah berdebu: Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Dan inilah arti kata feodal menurut KBBI:

fe·o·dal /féodal/ a 1 berhubungan dng susunan masyarakat yg dikuasai oleh kaum bangsawan; 2 mengenai kaum bangsawan (tt sikap, cara hidup, dsb); 3 mengenai cara pemilikan tanah pd abad pertengahan di Eropa

Dan inilah arti kata feodalistis menurut KBBI:

fe·o·da·lis·tis /féodalistis/ a bersifat feodal

Terakhir, yang menjadi inti dari tulisan ini. Inilah arti kata feodalisme menurut KBBI:

fe·o·dal·is·me /féodalisme/ n 1 sistem sosial atau politik yg memberikan kekuasaan yg besar kpd golongan bangsawan; 2 sistem sosial yg mengagung-agungkan jabatan atau pangkat dan bukan mengagung-agungkan prestasi kerja; 3 sistem sosial di Eropa pd Abad Pertengahan yg ditandai oleh kekuasaan yg besar di tangan tuan tanah

Ya, itulah pengertian kata feodal, feodalistis, dan feodalisme dalam bahasa Indonesia. Semuanya mengacu pada kerajaan dan sistem pemerintahan di Eropa. Dan seperti yang sudah kita alami dahulu, kita tidak ingin sistem Feodal ini kembali ada di Indonesia. Selamanya.

Salah satu contoh penggunaan kata feodal ini bisa kita lihat dalam karangan WS. Rendra yang berjudul Proses Kreatif Saya Sebagai Penyair. Di dalamnya, selain terdapat penggunaan kata feodalisme, kita juga akan belajar banyak mengenai proses kreatif Rendra yang masyhur itu. Si Burung Merak yang terus terbang itu.

Itulah tulisan kami mengenai arti kata feodalisme. Semoga dapat memberikan pemahaman sekaligus membantu pembaca sekalian dalam menggunakannya dalam tulisan ataupun produk kreatif lainnya. Selamat berkreasi!

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Feodalisme

  1. Pingback: Proses Kreatif Saya (Rendra) Sebagai Penyair (Bagian 1) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>