Arti Kata Galau

Perkembangan dunia percakapan anak muda, atau lebih lazim kita sebut dengan ‘bahasa gaul’ semakin beragam. Dengan banyaknya platform interaksi yang mengedepankan huruf dan tulisan dalam medianya, membuat kata demi kata menjadi penting untuk dibahas. Bahkan, kata yang dulu sangat jarang digunakan oleh masyarakat Indonesia, kini bisa menjadi sangat terkenal. Bahasa Indonesia telah mengalami evolusi dalam tahapan yang tidak bisa kita duga.

Salah satu kata yang kemudian muncul sebagai kata gaul dalam percakapan sehari-hari adalah: (tentu saja kita semua sudah tahu bukan?) Galau. Kata ini begitu ambigu dalam penggunaannya. Kata galau ini menjadi semacam kata paling populer yang ada di Indonesia. Salah satu awal kemunculannya adalah dari media sosial Twitter, hingga kemudian sekarang muncul hampir di setiap karya sastra kontemporer. Entah itu di buku, film, lagu, bahkan hingga puisi!

Kepopuleran kata galau ini seperti menjadi pisau yang bermata dua. Di satu sisi, kata ini menjadi banyak digunakan dan memperkaya khazanah bahasa Indonesia, namun di sisi lain, terjadi penyimpangan kata dari makna yang sebenarnya. Bahkan, ada pihak-pihak yang beranggapan bahwa galau bukanlah kata yang benar-benar ada di dalam bahasa Indonesia. Hal itu tentu saja salah. Galau adalah bagian dari bahasa Indonesia, dan kata ini terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Hanya saja, mungkin ada banyak orang yang tidak tahu, apa arti kata galau itu sebenarnya.

Berdasarkan hal di atas, maka sastranesia mencoba memberikan informasi tentang arti kata galau kepada pembaca sekalian. Semoga artikel ini akan dapat membantu anda.

Dan inilah, arti kata galau  yang benar menurut KBBI:

 

ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);

ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau

Jadi, memang sebenarnya mayoritas penggunaan kata galau di dalam masyarakat sudah cukup tepat. Kita tidak perlu merisaukan apalagi curiga, bahwa kata galau adalah sebuah kata absurd yang sebenarnya tidak ada. Kata galau adalah bagian dari bahasa Indonesia. Dan semoga tulisan ini dapat mengakhiri perdebatan tentang kata galau.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Galau

  1. Pingback: Arti Kata Galau | Yunita Martha Irine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>