Arti Kata Gamat

Apakah arti kata gamat itu? Faktanya, kata gamat merupakan kata yang mengandung berbagai macam makna. Bisa dibilang, kata gamat adalah kata yang multitafsir. Karena dalam satu kata gamat ini, terdapat berbagai arti yang semuanya jauh berbeda, aspeknya tidak saling bersentuhan, dan aktifitasnya pun sama sekali tidak sama.

Setidaknya, menurut KBBI, ada tiga makna gamat yang saling berbeda itu. Ya, perlu dicatat sekali lagi kalau arti kata dari ketiga makna gamat itu, semuanya berbeda. Inilah arti kata dari gamat menurut KBBI:

ga·mat [1] n teripang berukuran besar

ga·mat [2] v, ber·ga·mat v berlagu;
meng·ga·mat v melagukan

ga·mat [3] v sentuh; gamit;
meng·ga·mat v menyentuh dng jari (sbg isyarat dsb)

Terlihat sekali bukan perbedaan antara ketiga makna itu? Kata gamat memiliki tiga arti dan semuanya sama sekali tidak ada kemiripan. Tentunya, faktor kalimat menjadi pembeda yang harus diperhatikan dengan seksama oleh pembaca ataupun penulis. Setidaknya, dengan menggabungkan logika antara satu kata dengan kata gamat yang berada dalam satu kalimat, kita akan tahu, makna kata gamat apa yang ada di dalam kalimat itu.

Salah satu makna kata gamat yang cukup klasik dan sering digunakan dalam karya sastra klasik adalah, gamat dengan makna dan arti yang kedua, yaitu melagukan. Dulu bahkan digunakan oleh Rustam Effendi dalam sastranya di awal-awal penggunaan bahasa Indonesia, yaitu puisi Pekik Asmara.

Itulah tadi makna dan arti dari kata gamat. Semoga dapat bermanfaat, dan jangan segan untuk memberikan kritik dan saran kepada penulis muda yang masih harus banyak belajar ini.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>