Arti Kata Ganas

Kadang kita sering mengucapkan sebuah kata, tanpa benar-benar memahami apa arti dan maknanya. Hal itu sudah biasa. Mengingat kita adalah bangsa yang cukup aktif dalam berbicara dan berbahasa (meskipun penggunaan kata slang juga tidak dapat dihindarkan). Salah satu yang mungkin sering kita gunakan adalah kata ini: ganas.

Kata ganas memang cukup sering digunakan orang-orang dalam mengekspresikan perasaan atau menyampaikan maksud mereka. Dan kata ganas sendiri sudah cukup jamak penggunaannya. Namun kembali lagi pada pertanyaan sederhana: benarkah kita paham akan arti dan makna dari kata ganas?

Untuk itu, ada baiknya kita kembali menengok pada Kamus Besar Bahasa Indonesia, kitab suci orang Indonesia dalam berbahasa. Dan menurut KBBI, inilah arti dari ganas: 

ga·nas a 1 galak dan suka menyerang (melawan dsb): buaya itu — sekali krn kelaparan; 2 mudah menular (tt penyakit dsb);

meng·ga·nas v 1 menyerang dan mengamuk dng hebatnya; menjadi ganas: pengacau semakin ~ di daerah itu; 2 merajalela; berkecamuk; menghebat: wabah kolera sedang ~ di daerah itu;

peng·ga·nas n pengacau; perusuh;

ke·ga·nas·an n kebuasan; kebengisan; kegalakan; kegarangan

Ya, itulah tadi arti dari ganas menurut KBBI, apakah sama dengan apa yang anda pahami selama ini? Jika iya, selamat. Jika tidak, sekarang anda tahu, bukan?

Kata ganas ini sendiri juga pernah digunakan oleh penyair kenamaan kita, WS Rendra, dalam karya ilmiahnya yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I.

Demikianlah pembahasan kami mengenai arti kata ganas, semoga bermanfaat.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>