Arti Kata Intensifikasi

Dalam bahasa Indonesia, sebagai bahasa yang masih sangat hijau dan terus dinamis bergerak, ada banyak kata yang berkembang. Biasanya berasal dari serapan bahasa asing (sebut saja Arab, Inggris, Belanda, dll) atau juga dari bahasa daerah (seperti Jawa, Sunda, Melayu, dll). Kata-kata ini seringkali terdengar membingungkan, namun juga memudahkan kita, karena kebanyakan kita masih kesulitan mencari artinya yang pas.

Termasuk di dalamnya adalah kata intensifikasi ini. Sekilas bahasa ini memang terkesan sok bule dengan susunan hurufnya yang terkesan dari asing ini. Tapi dari segi utilitas kata, kata ini sangat membantu kita dalam memahami makna dan simbol yang menaunginya. Ya, kata intensifikasi ini sangat membantu kita untuk mengutarakan maksud yang terkandung dalam kata ini, sehingga orang lain pun paham dengan maksud kita.

Benarkah begitu? Mari coba kita simak arti kata intensifikasi menurut KBBI terlebih dahulu:

in·ten·si·fi·ka·si /inténsifikasi/ n perihal meningkatkan ke-giatan yg lebih hebat; pengintensifan;

peng·in·ten·si·fi·ka·si·an n proses, cara, perbuatan meng-intensifkan: ~ tanah pertanian harus benar-benar diperhati-kan untuk meningkatkan hasil produksinya

Yap, sampai sekarang, saya rasa kita belum menemukan satu kata yang pas dan disepakati masyarakat untuk menggantikan kata intensifikasi ini. Artinya, kata intensifikasi ini, meskipun terkesan agak susah pengucapannya, tetap saja merupakan bagian dari keluarga besar Bahasa Indonesia.

Kata intensifikasi ini sendiri pernah digunakan oleh WS Rendra dalam karya tulisnya yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I yang terekam secara apik dalam buku Mempertimbangkan Tradisi.

Demikianlah pembahasan kami mengenai arti kata intensifikasi, semoga bermanfaat!

This entry was posted in Kamus and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>