Arti Kata Introspeksi

Tulisan ini akan membahas mengenai arti kata instrospeksi yang mungkin sering kita dengar tapi tidak kita pahami benar-benar artinya. Dengan adanya tulisan ini, kami berharap pembaca sekalian dapat menggunakan kata introspeksi dengan lebih tepat.

***

Seberapa sering anda mendengar kata introspeksi? Mungkin sering sekali, apalagi di masa di mana kosakata yang rumit seringkali menjadi senjata orang untuk meningkatkan kesan intelektualitasnya di hadapan masyarakat. Introspeksi terbilang kata bangsawan dalam leksikon bahasa Indonesia. Karena kata ini terbilang cukup rumit dan, tentu saja, membuat pemakainya terlihat lebih pintar.

Menggunakan kata introspeksi ini tidak salah, justru jika digunakan dengan bijak akan membuat tulisan kita lebih bermakna. Lebih mengena di hati pembaca. Hingga akhirnya, pesan kita akan tersampaikan secara maksimal.

Dan tentu saja, untuk menggunakan kata introspeksi ini secara tepat, kita diharuskan memahai apa sebenarnya arti kata introspeksi itu? Sebelum masuk ke arti, perlu diketahui oleh pembaca bahwa kata introspeksi terdiri dari susunan suku kata seperti ini: In-tro-spek-si. Dan perlu diketahui bahwa kata intro memegang peranan juga di sini. Karena itu, marilah kita membahas arti kata introspeksi ini sekalian dengan arti kata intro yang ternyata ada 2.

Dan untuk mencari tahu arti dari ketiga kata itu, mari kita gunakan kitab suci bahasa Indonesia kita: Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Arti kata intro yang pertama menurut KBBI:

in·tro- [1] bentuk terikat di dalam; ke dalam: introspeksi

Arti kata intro yang kedua menurut KBBI:

in·tro [2] n kp introduksi; pengantar

Arti kata introspeksi menurut KBBI:

in·tro·spek·si /introspéksi/ n peninjauan atau koreksi thd (perbuatan, sikap, kelemahan, kesalahan, dsb) diri sendiri; mawas diri;

 

ber·in·tro·spek·si v mengadakan atau melakukan intro-speksi; mengoreksi diri: ~ lah dulu sebelum mencela atau mengkritik orang lain;

 

meng·in·tro·spek·si v berintrospeksi

Ya, dengan memahami berbagai macam seluk-beluk tentang kata introspeksi, kami berharap pembaca kelak dapat menggunakan kata ini dengan benar dan tepat. Sehingga pada akhirnya, tulisan kita akan lebih kuat, karena penggunaan kata yang tepat.

Lalu, untuk membantu pembaca semakin memahami tentang penggunaan kata introspeksi ini, silahkan melihat tulisan Rendra yang berjudul Proses Kreatif Saya Sebagai Penyair yang di dalamnya terdapat contoh sempurna tentang penggunaan kata introspeksi ini.

Demikian tulisan tentang arti kata introspeksi. Semoga memberikan pencerahan kepada pembaca semua. Terimakasih!

This entry was posted in Kamus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>