Arti Kata Intuisi

Ada banyak kata yang kita gunakan, namun kadang kita tidak benar-benar memahaminya. Yang sering melakukannya biasanya adalah mahasiswa, namun sebenarnya kelompok lain juga tidak tertutup kemungkinan untuk melakukannya. Sebut saja para penyair, pekerja kantoran, arsitek dengan gaya presentasinya yang meyakinkan, agen MLM dengan semangat juangnya yang pantang menyerah, petani-petani ketika ngobrol di malam hari sambil menghisap kretek favoritnya, bahkan sampai pada Presiden sendiri ketika melakukan pidato kenegaraan (meskipun dalam kasus ini, bukan dia sendiri yang membuat naskah pidatonya).

Singkatnya, kita sering menggunakan kata yang tidak sepenuhnya kita pahami. Untuk itulah, kita selalu bisa mengandalkan senjata ampuh yang bernama Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Dengan menggunakan KBBI, minimal kita bisa tahu arti kata itu yang sebenarnya menurut Kamus yang disepakati oleh para ahli bahasa-setidaknya untuk periode itu.

Nah, salah satu kata yang sering diucapkan tanpa pemahaman yang utuh adalah kata ini: Intuisi. Ya, kita sering mengucapkannya, tapi apakah kita benar-benar paham akan maknanya?

Mari kita tengok lagi arti kata dari intuisi melalui senjata ampuh yang kita bahas di awal tadi: KBBI.

Dan inilah arti kata intuisi menurut KBBI:

in·tu·i·si n daya atau kemampuan mengetahui atau mema-hami sesuatu tanpa dipikirkan atau dipelajari; bisikan hati; gerak hati

Jadi, itulah arti dari intuisi. Apakah sama dengan yang ada di pikiran anda selama ini? Kalau iya, selamat. Kalau tidak, sekarang anda tahu, bukan?

Kata intuisi ini sendiri pernah digunakan oleh WS Rendra dalam opininya yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I.

Demikianlah pembahasan kita mengenai arti kata intuisi, semoga bermanfaat!

This entry was posted in Kamus and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>