Arti Kata Isbat

Selamat datang bulan penuh kemuliaan, bulan Ramadhan.

Akhirnya pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadhan tahun ini, dan beruntungnya, tanggal 1 versi pemerintah dan versi Muhammadiyah sama. Artinya, umat muslim di Indonesia akan serentak menunaikan ibadah puasa pada hari yang bersamaan, yaitu hari ini, Kamis 18 Juni 2015.

Sebelum pemerintah menetapkan tanggal 1 Ramadhan jatuh pada tanggal 18 Juni, ada satu fase yang mendadak terkenal di kalangan masyarakat: Sidang Isbat.

Untuk itulah, kami di sini akan membahas mengenai arti kata isbat itu sendiri.

Mungkin banyak orang yang mengira bahwa Isbat adalah bahasa arab. Pendapat itu mungkin saja benar, mengingat kata isbat memang terdapat dalam bahasa Arab.

Pengeritan kata isbat (إثبات) dalam bahasa Arab adalah bukti. Sekilas memang terlihat sesuai jika digunakan dalam kalimat sidang isbat yang selama ini kita kenal.

Tapi, tahukah sahabat bahwa sebenarnya kata isbat yang digunakan dalam sidang isbat adalah benar-benar kata dalam bahasa Indonesia?

Ya, Kamus Besar Bahasa Indonesia sudah dengan resmi menyertakan isbat sebagai salah satu leksikon dalam bahasa Indonesia. Dan sidang isbat yang sering digunakan itu, menggunakan kata isbat dalam kontek bahasa Indonesia.

Jadi, apa arti kata isbat?

Mari kita jawab sesuai dengan pengertian yang ada pada Kamus Besar Bahasa Indonesia:

is·bat Ar n penyungguhan; penetapan; penentuan;
– nikah penetapan tt kebenaran (keabsahan) nikah: permintaan — nikah telah diajukannya minggu yang lalu;

meng·is·bat·kan v menyungguhkan; menentukan; menetap-kan (kebenaran sesuatu)

Jadi, saat kita menggunakan kata isbat dalam frasa sidang isbat, itu berarti sidang penetapan. Ya, seperti itulah kira-kira yang dapat kita pahami.

Demikianlah. Semoga dengan ini dapat membantu sahabat yang mendadak kebingungan karena sering mendengar kalimat sidang isbat, tapi tidak memahami apa arti kata isbat.

Semoga bermanfaat.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>