Arti Kata Jadah

Kita tentu sering mendengar kata jadah dalam berbagai puisi klasik. Biasanya, kata jadah itu disambungkan dengan kata anak, sehingga berbentuk: anak jadah. Hal itu terjadi, karena pada dasarnya, kata jadah memang tidak dapat berdiri sendiri. Kata Jadah adalah kata yang hanya akan memberikan arti jika kita disambungkan dengan kata-kata lain. Karena itulah, untuk mengetahui arti kata jadah, kita tidak bisa mengartikannya secara mandiri. Kata jadah harus diartikan dengan bantuan kata yang lain.

Beberapa kata yang dapat membuat kata jadah menjadi berarti adalah: Anak, haram, dan tikar. Namun kata tikar tidak terlalu tepat digunakan sebagai penyambung kata jadah. Mengapa begitu? Karena kata jadah yang disambungkan dengan kata tikar sejatinya adalah kata sajadah. Dan secara arti, kata sajadah sangat berbeda dengan kata jadah. (nanti akan kami jelaskan lebih lengkap perihal kata sajadah ini).

Sekarang, marilah kita bahas arti kata jadah saat dia disambungkan dengan ‘anak’ dan ‘haram’ terlebih dahulu.

Arti kata Haram Jadah

Sebelum langsung terjun kepada arti kata haram jadah, marilah kita terlebih dahulu memahami apa itu arti kata haram secara keseluruhan.

ha┬Ěram a 1 terlarang (oleh agama Islam); tidak halal: — hukumnya apabila makan bangkai; 2 suci; terpelihara; terlindung: tanah — di Mekah itu adalah semulia-mulia tempat di atas bumi; 3 sama sekali tidak; sungguh-sungguh tidak: selangkah — aku surut; 4 terlarang oleh undang-undang; tidak sah;

Itulah arti kata dari haram. Dan sekarang, apa arti dari haram jadah?

– jadah anak yg lahir di luar perkawinan yg sah; anak yg tidak sah; anak zadah;
– zadah haram jadah;

Arti kata Anak Jadah

Sekarang, mari kita langsung bahas arti dari anak jadah. Kali ini kita akan langsung membahas anak jadah, karena arti dari anak apabila dibahas terlebih dahulu, akan terlalu luas dan membuang waktu. Oleh karena itu, mari kita langsung membahas arti kata anak jadah.

anak jadah – anak haram

Jadi itulah arti dari jadah. Kurang lebih, arti dari jadah adalah anak yang lahir dari sebuah hubungan yang haram. Jadi, secara singkat kita bisa menyebut maksud dari anak jadah adalah anak haram.

Itulah tadi sedikit pembahasan mengenai arti kata jadah. Semoga dapat memperkaya pengetahuan bahasa dan sastra sahabat semua. Dan barangkali, bisa membuat sahabat semakin kaya dalam membuat sebuah karya sastra.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>