Arti kata Kesuma dan Kusuma

Kita sudah sering mendengar kata kusuma dan kesuma, namun apakah artinya? Sudahkah kita memahami makna dari kata kesuma dan kusuma? Tentu saja, mungkin ada diantara kita yang sudah mengetahui dengan jelas, namun ada pula yang belum mengetahuinya dengan tepat.

Lalu apa arti dari kata kesuma dan kusuma itu? Sejujurnya, sebenarnya arti dari dua kata itu adalah sama. Lalu apa yang membedakan? Yang membedakan adalah bahwa status dari kata kesuma yang saat ini sudah tidak termasuk dalam kata baku dalam Bahasa Indonesia. Ya, kata kesuma itu tidak baku, dan kata kusuma adalah kata yang baku. Hal itu terlihat dari penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang menerangkan dengan lugas mengenai arti kata dari kusuma dan kesuma sendiri. Bahkan, selain kata kesuma, ada juga kata kasuma yang artinya sama, merujuk pada kusuma.

Lalu apa arti dari kusuma? Mari kita lihat bersama,

ku·su·ma n 1 bunga; 2 ki perempuan yg cantik (elok, molek); bangsawan;
– bangsa ki bunga bangsa (para pemuda dan pemudi): prajurit itu gugur sbg — bangsa

Itulah arti dari kata Kusuma, yang sekaligus mewakili dari kata kesuma dan kasuma sendiri. Kata-kata ini sudah banyak digunakan dalam puisi klasik dan kontemporer di Indonesia. Seperti pada puisi Kemegahan karangan dari Muhammad Yamin dan “Di Lingkung Adat Lembaga” karangan dari Sanusi Pane..

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti kata Kesuma dan Kusuma

  1. Pingback: [Puisi] Kemegahan oleh Muhammad Yamin | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>