Arti Kata Klerek

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang arti kata klerek.

Klerek? Kata apa pula itu? Mungkin itu yang ada di benak pembaca semua. Kata ini memang tidak terlalu populer. Selain karena sifatnya yang memang khusus sekali, juga karena mungkin tugasnya sudah banyak bergeser. Tugasnya? Ya, klerek adalah semacam jabatan. Pantas saja dia jarang digunakan, bukan?

Sebagai kata yang menunjukan jabatan, klerek, sebagaimana dia terdengar, sudah pasti dapat ditebak bahwa jabatannya adalah rendah. Dan memang, tebakan pembaca cukup benar. Klerek melambangkan jabatan yang rendah. Mungkin, karena itulah sekarang penggunaan kata klerek sangat jarang. Mungkin juga, orang takut menyinggung orang lain yang berpangkat klerek. Mungkin juga perusahaan (baik swasta dan pemerintah) sudah tidak menggunakan istilah ini lagi. Tapi tak ada salahnya jika kita membahas arti kata klerek ini, sebagai tambahan wawasan kita.

Langsung saja, inilah arti kata klerek menurut KBBI:

kle·rek /klérek/ ark n 1 pegawai rendah yg melakukan pekerjaan tulis menulis di kantor pemerintah, berpangkat setingkat di atas juru tulis: ia menjadi — di kantor kabupaten; 2 pegawai yg mengerjakan pekerjaan tulis-menulis di kantor swasta; juru tulis; kerani

Jadi, seperti yang sahabat pembaca sekalian dapat lihat, klerek memang memiliki arti yang cukup negatif. Sebenarnya bukan negatif juga, tapi lebih ke merendahkan. Dan sekarang, sudah hampir tidak dapat ditemui orang yang disebut klerek ini.

Kata klerek ini sendiri pernah digunakan oleh Rendra dalam essay-nya yang berjudul Melawan Mesin. Istilah itu digunakannya sebagai salah satu pemisalan, disandingkan dengan istilah jabatan lainnya, seperti priyayi.

Demikianlah pembahasan kami mengenai arti kata klerek. Semoga bermanfaat dan menjadi tambahan ilmu pengetahuan bagi sahabat pembaca semua.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Klerek

  1. Pingback: Opini WS Rendra: Melawan Mesin (Bagian 1) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>