Arti Kata Kolektif

Seperti telah banyak kita singgung, bahasa Indonesia merupakan bahasa muda yang masih banyak berkembang. Sebagai bahasa yang tidak benar-benar berasal dari budaya yang murni, tentu saja ada banyak kata yang tidak tercakup di dalamnya. Hal itu wajar, karena memang bahasa Indonesia masih akan terus berkembang.

Bermula dari tahun 1928 saat sumpah pemuda dikumandangkan oleh para pemuda, Bahasa Indonesia terus bermetamorfosis untuk menemukan bentuknya yang paling pas dengan budaya bangsa Indonesia yang memang sangat majemuk. Sekarang, bahasa Indonesia telah menjadi sebuah bahasa yang diakui secara internasional.

Dengan perkembangannya, bahasa Indonesia pun banyak menyerap dari bahasa lain. Ada kata serapan dari bahasa Arab, Inggris, Belanda, ataupun dari bahasa daerahnya masing-masing yang kemudian berkembang menjadi kata baku dalam bahasa ini. Salah satu kata serapan yang ada di dalam bahasa Indonesia adalah kata ini: kolektif.

Lalu, apa arti dari kata kolektif itu? Mari kita simak bersama-sama, mengingat kata ini sudah banyak digunakan oleh orang-orang, sehingga mengetaui artinya akan sangat bermanfaat untuk sahabat.

Langsung saja, inilah arti kata kolektif menurut KBBI:

ko·lek·tif /koléktif/ a secara bersama; secara gabungan;

ke·ko·lek·tif·an n perihal (keadaan) kolektif

Yap, jadi secara jelas, kolektif mengacu pada kebersamaan. Tidak ada pembiasan makna apapun. Hanya itu saja.

Kata ini sendiri sudah banyak digunakan sejak bertahun-tahun yang lalu. Bahkan, pada tahun 70an, WS. Rendra sudah menggunakannya di dalam essay opininya yang berjudul Melawan Mesin.

Demikianlah pembahasan kita mengenai arti kata kolektif. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Kolektif

  1. Pingback: Opini Rendra: Melawan Mesin (Bagian 2) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>