Arti Kata Kompeni

Kita tahu, bangsa Indonesia merupakan bangsa dengan sejarah yang lucu. Termasuk juga bahasanya. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang banyak tercampur dengan bahasa asing. Bahkan, kadang-kadang pembentukan bahasa itu sendiri berawal dari pengucapan yang salah (misspelling) dari masyarakat. Indonesia memang ahlinya merubah sesuatu yang salah, menjadi salah kaprah, hingga akhirnya menjadi benar.

Tidak terkecuali pada kata kompeni ini. Menurut kami kata kompeni ini cukup unik. Karena dia memiliki arti yang teramat sangat khusus di KBBI, sesuatu yang sangat jarang terjadi. Hal ini dimungkinkan dengan adanya pe-labelan selama beratus-ratus tahun dari masyarakat Indonesia pada masa dulu. Padahal, kalau kita tahu, kompeni mungkin adalah pengucapan ‘company‘ dengan gaya Jawa. 

Namun, sekarang kata kompeni telah menjadi kata baku yang diakui seluruh orang Indonesia dengan pemahaman yang jelas dan sangat khusus menunjuk pada salah satu pihak. Siapakah pihak itu? Kami yakin anda tahu.

Dan inilah arti kata kompeni menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia:

kom·pe·ni n 1 persekutuan dagang Belanda di Nusantara pd pertengahan abad ke-17 sampai dengan awal abad ke-19 (VOC); 2 pemerintah Belanda (pd zaman penjajahan); 3 serdadu (terutama serdadu VOC atau serdadu Belanda);

kom·pe·ni·an n 1 kewajiban bekerja untuk kepentingan pemerintah (jajahan) tanpa upah; rodi; 2 pajak tanah yg dikenakan kpd pemakai tanah partikelir

Seperti yang kita baca di sana, kompeni langsung menunjuk pada Belanda bahkan VOC sebagai sebuah perusahaan. Menarik bukan?

Kata kompeni ini bahkan pernah digunakan oleh WS. Rendra dalam salah satu karya tulisnya yang menarik untuk dibaca, yaitu Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I.

Demikianlah pembahasan kami mengenai arti kata kompeni. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Arti Kata Kompeni

  1. Pingback: Opini Rendra tentang Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I | SastraNesia

  2. Vernon says:

    It was hard to find your page in google. I found it on 12 place, you have to
    build some quality backlinks , it will help you to get more visitors.
    I know how to help you, just search in google – k2 seo tricks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>