Arti Kata Nirmala

Nirmala merupakan kata yang jarang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Struktur katanya yang tergolong berat membuat orang enggan untuk menggunakan kata nirmala dalam percakapan sehari-hari. Padahal, jika kita tilik lebih dalam lagi, arti kata nirmala sendiri tidak terlalu pelik. Makna daripada kata nirmala, tidaklah seasing yang kita duga. Nirmala melambangkan sesuatu hal yang mungkin selalu diimpikan oleh manusia pada umumnya.

Di samping kata nirmala, ada pula kata nurmala. Adapun kata nurmala ini hanyalah bentuk kesalah-kaprahan semata dari kata nirmala, artinya, nurmala memiliki makna kata yang sama dengan nirmala. Adapun kata yang tepat menurut Kamus Bahasa Besar Indonesia adalah kata nirmala.

Apakah sebenarnya arti kata nirmala dan makna dari nurmala yang sama dengan nirmala? KBBI sudah menjelaskannya dengan cukup singkat dan mengena. Adapun arti kata nirmala adalah sebagai berikut:

nir·ma·la kl a tanpa cacat cela; bersih; suci; tidak bernoda

 Jadi kata nirmala melambangkan kata keindahan yang sempurna, tidak bernoda, tanpa nila setitikpun. Sebuah keindahan yang selama ini didamba-dambakan oleh umat manusia. Keindahan tanpa cela. Sering juga, kata nirmala digunakan untuk melambangkan warna-warna yang murni dan sempurna, tanpa gradasi yang melunturkan warna itu sendiri. Contoh penggunaan kata nirmala untuk warna adalah pada puisi dari Muhammad Yamin, yaitu kemegahan.

Itulah tadi arti dan makna dari kata nirmala, semoga bermanfaat. Penulis tulisan ini merupakan seorang anak muda yang masih perlu banyak belajar dalam menulis sastra dan bahasa Indonesia. Kritik dan saran untuk anak muda ini akan sangat membantu perkembangannya. Sampaikan kritik dan saran anda melalui kotak komentar yang ada di bawah ini. Terimakasih atas perhatiannya.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>