Arti Kata Perbawa dan Prabawa

Menilik arti kata dari perbawa dan prabawa akan membawa kita pada dimensi baru dalam dunia kepemimpinan. Kata perbawa cukup jarang kita dengar, sedang kata prabawa mungkin akhir-akhir ini cukup sering kita dengar. Apa makna yang tersirat dari dua kata itu?

Seperti layaknya masyarakat berbahasa lainnya, setiap kata seringkali muncul tanpa benar-benar dipahami maksudnya. Alasannya bukan hanya sekadar karena kita bangsa yang malas, bukan. Akan tetapi, memang kekayaan kosakata menjadi salah satu penyebabnya. Siapa yang dapat menyalahkan kalau kita tidak hafal seluruh kata yang ada di dalam bahasa Indonesia? Termasuk di dalamnya adalah arti kata dari perbawa ini.

Jangan salah sahabat, kata perbawa bukannya kata yang asing atau fiktif. Dulu, kata ini pernah digunakan oleh WS Rendra dalam tulisannya mengenai Sultan Hamengku Buwono I (baca: Opini Rendra tentang Latihan Sultan Hamengku Buwono I). Namun, bahkan mungkin Rendra pun menyadari, bahwa kata ini masih terlalu jarang digunakan, sehingga pada penulisannya yang pertama, Perbawa dicetak secara miring; menandakan bahwa kata itu tidak jamak digunakan oleh penulis pada masa itu.

Bagaimana dengan prabawa? Sebenarnya kata ini juga sangat jarang digunakan. Namun, karena ada salah satu tokoh politik tersohor negeri ini yang memiliki nama mirip dengan prabawa, membuatnya jadi cukup sering terdengar.

Sayangnya, dalam bahasa Indonesia-setidaknya menurut KBBI- kata prabawa adalah kata yang tidak baku. Ya, kita bisa katakan bahwa prabawa tidak baku dan perbawa baku. Jadi, bisa kami katakan bahwa dalam setiap karya tulis yang sahabat buat, akan lebih baik jika menggunakan kata perbawa, mengingat dia adalah kata yang baku.

Lalu, apa arti dari perbawa itu? Mari kita simak bersama pengertiannya menurut KBBI:

per·ba·wa Jw n 1 daya yg terpancar dr sifat luhur; keluhuran: — dan kewibawaan pd dirinya itu merupakan kekuatan yg muncul dr pribadinya; 2 pengaruh: krn — emosi, ia menjadi beringas; 3 pengaruh yg memancar dr dl diri; kewibawaan: ia disegani krn — nya

Ya, itulah arti dari perbawa yang benar. Semoga bermanfaat dalam kegiatan tulis-menulis dari sahabat.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>