Arti Kata Peterana

Bahasa Indonesia adalah bahasa yang tergolong muda, namun bukan berarti leksikon-leksikon yang ada di dalamnya bisa dipelajari dan dihafalkan dalam satu malam. Ada banyak sekali variasi kata dalam bahasa Indonesia yang kadang bahkan tidak dimengerti oleh orang-orang Indonesia sendiri. Salah satu kata itu adalah peterana.

Arti kata peterana merupakan sesuatu yang terkesan asing bagi beberapa orang. Karena itulah, kata ini masih sering dianggap tidak ada di dalam bahasa Indonesia. Jika kita katakan tentang peterana, maka banyak orang yang tidak memahami maknanya.

Lalu apa sebenarnya arti kata dari peterana itu sendiri? Inilah artinya menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI):

pe·te·ra·na kl n bangku (tempat duduk) untuk orang-orang terhormat (msl presiden, raja) atau tempat duduk mempelai

Itulah arti kata dari peterana, terkesan indah bukan? Memang, kata ini termasuk dalam kata klasik yang mengandung keluhuran makna duniawi.

Namun, jika kita amati lebih lengkap, sebenarnya ada banyak karya sastra dewasa ini yang menggunakan kata peterana untuk menguatkan lirik yang dikandungnya. Salah satu karya sastra yang menggunakan kata ini adalah puisi klasik dari Sanusi Pane yang berjudul “Pujangga“.

Inilah artikel yang membahas tentang arti kata dari peterana, semoga dapat membantu sahabat sekalian.

This entry was posted in Kamus and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Peterana

  1. mm says:

    Sangat bermanfaat :D , terima kasih :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>