Arti Kata Petuah

Tulisan kali ini, tim sastranesia akan mencoba membahas tentang arti kata petuah.

Sebagai sebuah kata yang cukup populer di masa lalu, petuah kini semakin ditinggalkan penggunaannya. Mungkin karena orang sudah lebih senang menyederhanakan bahasa. Atau mungkin, orang sudah menemukan kata yang lebih sesuai menurut mereka, sehingga kata petuah semakin terpinggirkan.

Kami tidak akan menghakimi dan membahas mengapa orang harus menggunakan kata petuah, karena sesungguhnya, penggunaan diksi adalah hak setiap orang. Bahkan ketika kata yang digunakan salah kaprah pun, asalkan masyarakat sudah menyepakatinya, lambat laun kata itu akan diterima. Namun, kami ingin sedikit berbagi saja, bahwa penggunaan kata petuah yang sesuai dengan hakikatnya, akan sangat membantu bahasa kita agar tetap konsisten dan tidak membingungkan.

Jadi, tanpa perlu berlama-lama lagi, inilah arti kata petuah yang kami janjikan itu:

pe·tu·ah n 1 keputusan atau pendapat mufti (tt masalah agama Islam); fatwa; 2 nasihat orang alim; pelajaran (nasihat) yg baik: dl pertemuan itu diharapkan nasihat dan — orang-orang tua;

 

ber·pe·tu·ah v memberi petuah (nasihat);

 

me·me·tu·ah·kan v memberikan petuah; menasihatkan; menganjurkan

Jadi, memang pada dasarnya petuah adalah sesuatu yang baik. Dan penggunaannya pun harus berhati-hati sekali, karena seringkali kita mencampur adukkan antara petuah dengan nasihat. Padahal, bisa dibilang petuah adalah bentuk nasihat yang lebih khusus, yaitu nasihat dari orang alim. Namun sekali lagi, asalkan orang-orang sudah menyepakatinya, maka hal itu menjadi tidak masalah.

Pada hakikatnya, petuah dan nasihat memang sama. Hanya saja dengan penggunaan yang lebih tepat lagi, akan semakin membuat maksud kita tersampaikan secara sempurna.

Kata petuah sendiri digunakan oleh Rendra dalam opininya yang berjudul Melawan Mesin.

Demikian informasi dari kami tentang arti kata petuah, semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Petuah

  1. Pingback: Opini WS Rendra: Melawan Mesin (Bagian 1) | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>