Arti Kata Pongah

Dalam bahasa Indonesia yang kita kenal, pongah memang merupakan kata yang dulu sangat sering digunakan. Bahkan, sebenarnya sampai sekarang pun kata pongah ini masih cukup sering digunakan. Dan sejatinya, kami sangat yakin sahabat semua memahami apa arti kata pongah itu. Hanya saja, kami ingin memastikan bahwa kata pongah yang ada di pemahaman sahabat semua adalah benar-benar arti kata pongah yang sebenarnya.

Mengapa? Karena seperti yang kita tahu, orang Indonesia sangat senang membuat pemahaman sendiri tentang arti kata yang sebetulnya tidak benar-benar mereka pahami. Mengapa hal itu bisa terjadi? Karena kita seringkali terjebak pada pandangan umum yang kita temui, tanpa memproses dulu kebenaran data yang ada. Pongah itu memang erat kaitannya dengan penggunaan dalam puisi, dan puisi adalah karya tulis yang tidak sepenuhnya terikat pada pakem bahasa pada umumnya. Nah, hal-hal seperti itulah yang berpotensi untuk mengguncang pemahaman kita tentang suatu kata. Karena itu, kami rasa sangat penting bagi sahabat untuk mengetahui arti kata pongah yang benar-benar tepat.

Untuk itu, mari kita simak arti kata pongah yang ada di dalam KBBI:

1. po·ngah [1] a sangat sombong atau angkuh (baik perbuatan maupun perkataan); congkak;

ber·po·ngah-po·ngah v berkata-kata (bertingkah laku) sombong atau angkuh;

me·mo·ngah·kan v menyombongkan;

ke·po·ngah·an n kesombongan; keangkuhan

2.

po·ngah [2] Jk a bodoh; dungu;

me·mo·ngahi v memperbodohi (menipu, mengakali): jangan suka ~ orang desa

Yap, pongah memiliki dua arti yang tidak bisa dibilang sama. Karena itu, kami sarankan kepada sahabat untuk benar-benar memahami kalimat yang membersamainya. Dengan memahami kalimatnya, kita akan paham, pongah yang mana yang dimaksud.

Salah satu karya tulis yang menggunakan kata pongah adalah opini dari WS. Rendra yang berjudul Melawan Mesin.

Demikian pembahasan kami tentang arti kata pongah, semoga dapat memberi pencerahan kepada sahabat pecinta sastra semuanya. Selamat beraktivitas kembali!

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>