Arti kata Puspa, Puspamala, Puspadana, dan Puspadanta

Kata Puspa merupakan kata yang cukup klasik dalam bahasa Indonesia. Hal ini terlihat dar seringnya kata puspa digunakan dalam karya sastra klasik. Karena memang, kata puspa memiliki energinya sendiri dalam menyampaikan keindahan.

Selain kata puspa yang sudah terkenal itu, ada pula kata-kata yang mirip dengan puspa, namun artinya berbeda. Kata-kata itu ialah, puspamala, puspadana, dan puspadanta. Semuanya memiliki arti yang berbeda, namun mengacu pada dua objek. Ada yang sama-sama mengacu pada objek bunga, ada pula yang mengacu pada objek gading.

Langsung saja, inilah makna dan arti dari kata puspa:

pus·pa kl n bunga;
– bangsa melati;
– citra melati;
– nusa raflesia;
– pesona anggrek bulan

Sedangkan makna dan arti untuk kata puspamala adalah sebagai berikut:

pus·pa·ma·la n untaian bunga yg dikalungkan di leher pd upacara penyambutan tamu (juara, pahlawan, dsb)

Selanjutnya, makna dan arti kata dari puspadana dan puspadanta:

pus·pa·da·na Skr n gading yg berukir

Jadi puspadana dan puspadanta memiliki arti yang sama. Sedangkan untuk puspa dan puspamala memiliki arti yang berbeda namun mengacu pada satu objek, yaitu bunga.

Seperti sudah disinggung tadi, kata puspa banyak digunakan dalam karya sastra lama, salah satunya dalam puisi legendaris dari Muhammad Yamin, yaitu Kemegahan. Kata puspa digunakan sebagai perlambang keindahan dalam puisi itu. Dan memang, Puspa adalah lambang keindahan di dunia.

Itulah tadi pengertian dari puspa, puspamala, puspadana, dan puspadanta, semoga dapat menambah wawasan pembaca sekalian. Jangan segan-segan untuk memberikan kritik kepada penulis lewat kontak komentar yang telah disediakan. Terimakasih.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>