Arti Kata Rancak

Arti kata rancak – Kita pasti sudah sering mendengar kata rancak. Bahkan, mungkin kata rancak sering kita asosiasikan dengan kata dalam bahasa daerah di Indonesia. Karena memang, kata rancak adalah sebuah kata serapan dalam bahasa Indonesia.

Namun sebenarnya, arti kata rancak tidak hanya terbatas pada satu arti saja. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata rancak ada 3, meskipun tidak semuanya adalah arti dari kata dasar rancak itu sendiri. Maksudnya adalah, ada arti kata rancak yang berdasarkan pada kata rancak yang sudah diberi imbuhan. Bingung? Mari kita langsung saja simak 3 arti kata rancak menurut KBBI:

1. ran·cak [1] Mk a 1 bagus; elok; cantik; 2 giat; cepat; dinamis; gembira (tt lagu, musik, tarian, dsb);
– di labuh senang berpakaian yg elok-elok, tetapi kantongnya kosong; pesolek;

ke·ran·cak·an n perihal rancak;

ke·ran·cak-ran·cak·an a sombong krn merasa cantik

2. ran·cak [2] Jw, me·ran·cak v menetak-netak; memenggal-menggal; mengerat-ngerat

3. ran·cak [3] n, se·ran·cak n seperangkat gamelan;

ran·cak·an n tempat gamelan, bentuknya spt para-para, dibuat dr kayu untuk menaruhkan (tempat) bonang

Bagaimana? Cukup bervariasi bukan? Karena memang kata rancak adalah bukti dari khazanah bahasa Indonesia yang usianya relatif masih muda.

Pemakaian kata rancak sendiri, sudah banyak digunakan oleh penyair dan sastrawan di dalam dunia sastra Indonesia. Baik itu sastra lama maupun sastra baru. Salah satu yang menggunakan kata rancak adalah puisi Sanusi Pane yang berjudul Sajak.

Itulah tadi arti kata rancak, semoga dapat bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>