Arti kata Ratna

Pada masa dahulu, kata Ratna sering digunakan sebagai kata sifat untuk menyatakan emosi jiwa. Sekarang, kita lebih banyak mengenal Ratna sebagai nama orang. Lalu apa sebenarnya arti kata dari Ratna itu? Mengingat kata ini sekarang sering dijadikan sebagai nama orang, sudah pasti kita bisa menebak secara sekilas. Ya, makna dari Ratna adalah makna yang indah dan mengekspresikan keindahan.

Menurut KBBI, inilah arti dari kata Ratna:

rat·na n 1 ki batu mulia; intan; permata; 2 ki putri (gadis) yg cantik;
– cempaka intan (manikam) yg berwarna kuning; batu setengah permata; ratna kencana;
– dewi dewi yg tercantik;
– juita mutiara kehidupan; kekasih;
– kencana ratna cempaka;
– mutu manikam bermacam-macam permata;
– pakaya 1 tumbuhan yg daunnya dapat disayur, Gomphrena globosa; 2 ki jantung hati;
– wilis kl intan yg berwarna hijau

Itulah arti dari kata Ratna yang memang menampilkan keindahan. Tak heran, banyak orangtua yang menamakan anak perempuannya dengan nama Ratna.

Beberapa puisi dan karya sastra lama tak ragu untuk menggunakan kata Ratna sebagai manifestasi keindahan. Salah satu karya sastra yang menggunakan kata ini adalah Puisi ‘Jiwa’ karya dari Sanusi Pane.

Itulah arti kata dari Ratna yang tertera di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk sahabat pembaca. Jangan ragu untuk memberikan kritik dan saran kepada penulis yang masih dalam taraf belajar ini. Masukan dari kawan pembaca semua, akan sangat berharga bagi penulis.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Arti kata Ratna

  1. clara says:

    akhirnya tahu juga arti kata ini, thx mas

  2. Aditya L Mahesvara says:

    Memang sangat menawan hati seorang perempuan bernama Ratna yang saya kenal di kota Surabaya. Rasa tidak percaya ada perempuan secantik dia menaruh hati dan harapan begitu besar pada saya, hanya saja sangat disayangkan kami dipertemukan disaat kami sudah tidak sendiri lagi. Tidak kita coba cari tahu kenapa dan bagaimana, kita biarkan saja semua berjalan sebagai misteri illahi, walaupun kami tahu bahwa tidak ada suatu kebetulan dalam hidup ini, semua pasti berarti sesuatu. Tuhan pasti akan berikan jawaban terindah kepada kami berdua suatu hari nanti ammiiinnn…

  3. ratna diana says:

    Ooww jadi arti dari nama ku seperti itu ya,, :)

  4. chaer says:

    ratna . emg sih indah . gk bisa d lupakan . shari gk ktmu ratna kgen bgt .. tapi ratna nya dah ilang hahahah
    mksh mas arti nya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>