Arti Kata “Regas”

Penggunaan Bahasa Indonesia yang semakin majemuk di kalangan masyarakat, memang memaksa para pemain kata, penyair, dan penulis untuk terus melihat opsi-opsi kata yang ada. Karena seperti kita tahu, ada jutaan leksikon unik di dalam Bahasa Indonesia yang sejatinya masih bisa dimanfaatkan oleh para peracik kata di dunia. Salah satu kata dalam Bahasa Indonesia yang unik itu adalah regas. 

Apa itu regas? Bagaimana artinya? Bagaimana penggunaannya? Artikel ini hadir untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan semacam itu.

Sebelumnya, apa sebenarnya arti dari regas itu? Baiklah, mari kita mulai menjawabnya.

Untuk menjawab pertanyaan ini, tentu saja kita harus menggunakan pegangan utama dalam Bahasa Indonesia, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia yang sudah memiliki banyak edisi. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia ini, arti dari Regas adalah sebagai berikut:

re·gas v, me·re·gas v memotong, mengerat (tt rumput, rambut, dsb)

Ya, secara arti harafiah, arti dari regas tidak terlalu rumit. Artinya hanyalah memotong atau mengerat. Tapi seperti kita ketahui, kata ini jarang sekali digunakan dalam bahasa percakapan sehari-hari. Bahkan, dalam berbagai karya sastra pun mungkin kata ini tidak terlalu sering digunakan.

Sebenarnya, fakta bahwa kata regas jarang digunakan adalah sebuah kabar gembira. Mengapa? Karena itu berarti kita baru saja memiliki satu kosakata tambahan yang bisa kita gunakan untuk karya-karya kita, bukan?

Lalu, bagaimana penggunaan dari kata regas itu sendiri? Sebenarnya karena kata regas adalah kata kerja, penggunaannya sangat sederhana. Menggunakan kata regas tak ubahnya seperti kata kerja pada umumnya. Kita bisa menambahkan sedikit imbuhan untuk memperkuat maknanya saat dibaca. Salah satu contoh penggunaan kata regas ada pada puisi seorang sastrawan muda yang masih belajar banyak hal dari karya sastra: Wintari Maharani. Dalam sebuah kesempatan, Wintari mengirimkan karyanya kepada Sastranesia yang berjudul Meregas RintangPada karyanya itu, sahabat sekalian dapat melihat sendiri bagaimana Wintari menggunakan kata regas dengan cukup apik.

Itulah tadi sedikit pembahasan kami mengenai arti kata regas. Semoga dapat menjadi tambahan ilmu baru bagi pembaca semua. Jayalah Bahasa Indonesia!

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>