Arti Kata Ricau

Bahasa Indonesia memiliki khazanah yang kaya. Salah satunya terlihat dari banyaknya kata yang mirip, namun memiliki makna yang cukup penting perbedaannya. Mungkin, Orwell dalam bukunya 1984 akan menghilangkan kata-kata seperti ini di dalam “Bahasa Baru” di dalam “New World Order” karena dianggap tidak efektif. Namun, dalam konteks kemanusiaan yang memiliki jutaan ekspresi emosional, kata-kata seperti ini justru menjadi kekuatan tersendiri. Salah satu kata yang kita maksud adalah ricau. Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai arti kata ricau.

Seperti yang sudah kita bahas di awal tadi, kata ricau adalah kata yang mirip dengan leksikon lain dalam bahasa Indonesia. Namun, kata ricau ini masih dianggap perlu untuk ada, karena maknanya tidak sama persis dengan leksikon yang lain.

Melihat fakta di atas, kami rasa sekadar menjelaskan arti kata ricau saja tidak akan cukup untuk menjawab rasa ingin tahu pembaca semua. Karenanya, dalam artikel ini kami juga akan membahas tentang arti kata kicau, cericau, gericau, dan kericau.

Baiklah, mari kita mulai saja dengan arti kata ricau menurut KBBI:

ri·cau v, me·ri·cau v 1 menggericau; berkicau spt burung murai; 2 meracau; beleter; mengoceh

Sedang arti kata cericau menurut KBBI adalah:

ce·ri·cau v, ber·ce·ri·cau v beromong kosong

Art kata gericau menurut KBBI:

ge·ri·cau n bunyi yg keras dan berulang-ulang (bunyi burung, kera, angsa, dsb);

 

meng·ge·ri·cau v berbunyi keras-keras dan berulang-ulang (spt bunyi burung)

Arti kata kericau menurut KBBI:

ke·ri·cau, ber·ke·ri·cau v berkicau terus-menerus (tt burung murai dsb);

 

ber·ke·ri·cau·an v berkericau;

 

me·nge·ri·cau v berkericau

Dan terakhir, arti kata kicau (1):

ki·cau [1] n 1 bunyi burung (terutama burung murai); 2 ki celoteh; perkataan yg sebarang saja;

 

ber·ki·cau v 1 berbunyi (tt burung murai): tiada berhenti burung murai itu ~; 2 ki berkata-kata sebarang kata saja; berceloteh; mengoceh: biarkan dia ~ , kalau sudah capai akan berhenti sendiri;

 

ki·cau·an n kicau

Arti kata kicau (2):

ki·cau [2] n tipu; kecoh

Ya, itulah tadi beberapa arti kata yang mirip antara ricau, cericau, kericau, gericau, dan kicau. Semuanya memang merujuk pada cara bicara, tapi memiliki kedalaman emosi yang berbeda-beda. Dengan arti yang ekspresif seperti itu, bisa kita katakan, bahwa kata-kata di atas sangat cocok untuk digunakan dalam puisi.

Tak heran, salah satu sastrawan pemula, Agfian Muntaha, menggunakan kata mericau dalam puisi kritiknya untuk pembangunan Yogyakarta.

Demikianlah arti kata ricau yang bisa kami sampaikan. Terimakasih sudah membaca sampai akhir. Semoga bermanfaat.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>