Arti Kata Serunai

Serunai merupakan kata yang cukup sering digunakan masyarakat Indonesia. Kata serunai memang merupakan kata yang bisa terbilang cukup populer dan banyak diketahui orang. Namun banyak orang yang tidak paham, bahwa arti kata serunai sendiri ada dua. Dan kedua makna serunai itu memiliki hakekat yang jauh berbeda. Karena itulah, kalimat seterusnya, atau penggunaannya di dalam frasa menjadi sangat penting.

Apa saja arti kata dari serunai itu? Inilah pengertian serunai dari Kamus Besar Bahasa Indonesia:

1.    se·ru·nai [1] n alat musik tiup jenis klarinet yg dibuat dr kayu

2.    se·ru·nai [2] n, – laut n tumbuhan yg hidup di pantai (laut) yg bunganya berwarna kuning, akarnya dapat digunakan untuk obat penyakit keputihan; Wedelia biflora

Jadi jelaslah sudah, bahwa penggunaan kata sesudah dan mungkin juga sebelum kata Serunai, akan sangat mempengaruhi arti dari serunai itu sendiri. Arti kedua menunjukkan, jika kata Serunai digunakan sebelum kata laut, maka artinya akan sangat jauh berbeda dengan arti kata yang pertama. Hal ini kurang lebih disebabkan karena arti kata serunai yang kedua, merupakan sebuah nama tanaman yang kebetulan mirip sekali dengan kata serunai yang sudah sering diucapkan oleh pegiat Bahasa Indonesia di masa lalu.

Untuk penggunaan kata serunai yang pertama sendiri, sudah sangat sering digunakan pada sajak-sajak zaman dahulu. Salah satu sajak yang masyhur adalah sajak dari Rustam Effendi, Pekik Asmara.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Serunai

  1. Aisyah Putri says:

    Ohh, jadi ini arti kata serunai… :-D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>