Arti Kata Simbolis (Simbol dan Simbolisme)

Dalam dunia sastra yang berkembang saat ini, setiap makna kadang menipu. Kadang kita merasa sudah paham, tapi sejatinya pengertian kita terhadap sebuah leksikon justru salah. Mengapa? Karena kadang, pengetahuan kita membentuk pemahaman dari ‘apa yang ingin kita lihat’ tanpa memasuki pemahamannya yang paling hakiki.

Termasuk dalam kata simbolis ini. Kita melihat makna simbol sudah terlalu jelas dan gamblang, tapi kenyataannya, benarkah kita mengetahui arti (dan makna) dari kata simbol? Dalam hal ini, kami akan membahas mengenai 3 kata yang berkaitan erat, yaitu simbol, simbolis, dan simbolisme. 

Seperti apakah pengertiannya? Tentu saja, kita harus kembali merujuk pada kitab suci kita, Kamus Besar Bahasa Indonesia yang sudah menerangkan semuanya.

Dan inilah arti kata simbol:

sim·bol n lambang;

ber·sim·bol v memakai (menggunakan, mempunyai) simbol;

me·nyim·bol·kan v menjadikan (merupakan) simbol; melambangkan

Arti kata simbolis:

sim·bo·lis a sbg lambang; menjadi lambang; mengenai lambang: lukisan –

Arti kata simbolisme:

sim·bol·is·me n perihal pemakaian simbol (lambang) untuk mengekspresikan ide-ide (msl sastra, seni)

Itulah tadi 3 arti kata yang kami bilang saling berkaitan tadi. Melihat artinya secara jelas dan disepakati oleh KBBI tentu merupakan cara terbaik untuk meyakinkan diri kita, bahwa pemahaman yang kita pegang tentang arti dari kata simbol adalah benar.

Kata simbolis ini sendiri pernah digunakan di dalam karya tulis WS. Rendra yang berjudul Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I.

Demikian pembahasan kami mengenai arti kata simbolis, semoga dapat bermanfaat!

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Simbolis (Simbol dan Simbolisme)

  1. Pingback: Opini Rendra tentang Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>