Arti Kata Skripsi

Bagi mahasiswa dan orang-orang yang berkecimpung di dunia perkuliahan, tentu kata skripsi sudah tidak asing lagi. Skripsi sudah menjadi hal yang sangat umum di kalangan civitas akademika, terutama untuk mereka yang ingin meraih gelar Sarjana di Indonesia. Namun, pengertiannya sendiri dalam tingkatan masyarakat, mungkin masih banyak yang benar-benar paham. Hal ini dikarenakan, skripsi merupakan kata yang tidak ditemukan di dalam Bahasa Inggris. Karena itu, dalam Bahasa Inggris, masyarakat memanggil skripsi dengan sebutan yang sama dengan Tesis, yaitu thesis.

Hal ini, sedikit banyak mempengaruhi penilaian orang-orang terhadap arti kata skripsi itu sendiri. Kata skripsi di sama ratakan dengan tesis. Walaupun pada dasarnya memang mirip, tapi tak sepatutnya kita menyamaratakan antara skripsi dengan tesis. Dan untuk mengetahui perbedaannya, marilah kita menyimak arti dari kata skripsi dan tesis menurut KBBI kita:

skrip·si n karangan ilmiah yg wajib ditulis oleh mahasiswa sbg bagian dr persyaratan akhir pendidikan akademisnya: ia menyusun — selama hampir lima bulan

te·sis /tésis/ n 1 pernyataan atau teori yg didukung oleh argumen yg dikemukakan dl karangan; untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pd perguruan tinggi; 2 karangan ilmiah yg ditulis untuk mendapatkan gelar kesarjanaan pd suatu universitas (perguruan tinggi); disertasi

Dari kedua kata itu, setidaknya kita mengerti, bahwa tesis bukanlah sekedar tugas akhir untuk mahasiswa, namun dalam pengertian yang lebih dalam, tesis adalah ide dan teori itu sendiri.

Di perguruan tinggi luar negeri, seorang sarjana S1 tidak diharuskan menyusun Skripsi. Namun di Indonesia, skripsi adalah tugas wajib bagi sebagian besar perguruan tinggi. Meskipun tidak semua perguruan tinggi mewajibkan skripsi sebagai syarat kelulusan.

Namun, seperti apapun bentuknya, skripsi adalah kata yang sudah sangat umum di Indonesia. Hampir semua orang, bahkan masyarakat desa pun mengetahui arti kata dari skripsi itu.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>