Arti kata Sukma

Dalam perjalanan yang tak terbatas, kata sukma sering masuk di dalam pikiran kita. Kadang, dalam rasa yang tak sadar pun, kata sukma perlahan masuk dan menelikung ingatan kita. Sukma, adalah kata yang tak mudah kita lupakan, tak mudah kita acuhkan. Namun, seiring dengan bayang-bayang kata sukma yang kuat itu, benarkah kita memahami arti kata sukma yang sebenarnya? Belum tentu.

Makna dari sukma bukanlah sesuatu yang kompleks dan membingungkan. Sebaliknya, sukma memiliki definisi yang terlalu singkat, terlalu singkat untuk mengejawantahkan perannya yang maha penting di dalam kehidupan kita. Apa sebenarnya pengertian dari kata Sukma itu? Mari kita lihat bersama. Mari, sejenak kita rendahkah hati untuk memahami makna dibalik kata sukma.

Inilah arti dari kata sukma menurut KBBI:

sukĀ·ma n jiwa; nyawa

Ya, sesederhana itu. Sesimpel itu. Kata sukma dan artinya bukanlah kata yang sulit untuk kita ingat. Namun makna terdalamnya, memberikan arti kehidupan kita di dunia ini. Karena tanpa sukma, kita hanyalah seonggok bangkai yang siap untuk dikubur, dibakar, atau hanya dibiarkan membusuk di dalam kerasnya dunia.

Sukma, adalah alasan kenapa kita bisa berada di tempat kita saat ini.

Kata sukma sendiri banyak digunakan oleh para penyair masa lampau dan kontemporer untuk memanifestasikan keindahan aksara mereka. Salah satu penyair yang menggunakan kata sukma untuk mengekspresikan kekalutannya adalah Sanusi Pane, dalam karyanya, Di Lingkung Adat Lembaga.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>