Arti Kata Suluk

Tulisan ini akan membahas arti kata suluk. Kata yang tidak terlalu terkenal, tapi penting untuk diketahui oleh orang-orang. Dan mungkin, pada saatnya nanti, anda akan tertarik untuk menggunakan leksikon ini sebagai salah satu cara menyampaikan pesan anda. Selamat membaca.

***

Apa itu arti kata suluk? Mungkin itulah pertanyaan yang membuat anda sampai pada tulisan ini. Pertanyaan yang ingin segera dijawab, barangkali. Dan tentu saja, pertanyaan itu akan segera terjawab.

Suluk adalah kata yang memiliki 2 makna. Yang pertama adalah kata suluk yang murni berada dalam bahasa Indonesia (bahkan merupakan kata serapan bahasa asing), namun memiliki pengertian yang cenderung buruk bagi sebagian orang. Dan satunya lagi adalah kata suluk yang berasal dari bahasa Jawa yang di-Indonesia-kan dengan pengertian yang melambangkan keindahan dan pantas kita nikmati bersama.

Jadi, sekali lagi, apa arti kata suluk itu? Mari kita telisik pengertiannya melalui kitab suci orang Indonesia: Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan inilah arti kata suluk menurut KBBI:

Suluk yang pertama:

su·luk [1] n 1 jalan ke arah kesempurnaan batin; tasawuf; tarekat; mistik: ilmu –; 2 pengasingan diri; khalwat;

 

ber·su·luk v mengasingkan diri; berkhalwat: lima tahun lamanya beliau – dan mendalami ilmu tasawuf

Suluk yang kedua:

su·luk [2] Jw n nyanyian (tembang) dalang yg dilakukan ketika akan memulai suatu adegan (babak) dl pertunjukan wayang: upacara pembukaan pekan wayang didahului dng –

Dua pengertian Suluk di atas menunjukan kepada kita, bahwa kita harus senantiasa memberikan keterangan yang sesuai dengan kata suluk, supaya maksud kita dalam menyampaikan pesan tidak terganggu oleh kesalahan penggunaan kata suluk ini.

Salah satu contoh penggunaan kata suluk yang tepat adalah oleh WS. Rendra dalam tulisannya Proses Kreatif Saya Sebagai Penyair yang secara gamblang mengajak kita mengenal dia lebih dekat. Dan di dalam tulisan itu, kita akan menemui penggunaan kata suluk yang sangat tepat dan pantas untuk kita baca.

Itulah tadi artikel mengenai arti kata suluk yang dapat kami berikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan terimakasih sudah membaca hingga akhir.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>