Arti Kata Zaman atau Jaman

Artikel ini akan membahas tentang arti kata zaman ataupun jaman. Mencoba memberi pengertian kepada pembaca, tentang kata mana yang sebaiknya digunakan, dan apa arti yang sebenarnya dari kata zaman ataupun jaman itu. Selamat membaca.

Mana yang benar, zaman atau jaman?

Sebenarnya pertanyaan ini simpel. Dan mungkin bagi orang yang baru-baru saja belajar bahasa Indonesia, pertanyaan ini terlalu remeh. Namun, bagi sebagian orang yang sudah menggeluti bahasa Indonesia sejak waktu dulu, sudah pasti ada pertanyaan besar, mana yang benar, zaman atau jaman?

Dalam berbagai tulisannya di tahun 80an, banyak sastrawan dalam essai maupun karya fiksinya, menggunakan kata jaman sebagai bentuk yang baku. Dan memang benar, pada waktu dulu, jaman adalah kata baku.

Lalu, sekarang ketika kita sudah memasuki masa EYD (Ejaan yang disempurnakan) banyak kata yang dulu dianggap baku, kini tidak baku lagi. Salah satu kata yang terimbas akan perubahan itu adalah kata jaman ini.

Jadi, menurut pedoman EYD yang kita sepakati bersama sekarang, zaman adalah kata yang baku. Maka, saat kita menggunakan kata ini dalam tulisan kita yang bersifat formal, usahakanlah untuk menggunakan kata zaman.

Lalu apa arti kata zaman? Untuk mengetahui arti kata zaman ini, marilah kita tilik kitab suci kita: Kamus Besar Bahasa Indonesia. Dan menurut KBBI, inilah arti kata zaman itu:

za·man n 1 jangka waktu yg panjang atau pendek yg menandai sesuatu; masa: – kekuasaan Nazi di Jerman; 2 kala; waktu: akhir — , penghabisan masa kehidupan kita; ketinggalan — , sudah tidak sesuai lagi dng keadaan; sudah dimakan — , ki sudah kuno; kolot;

– bahari kurun waktu yg sudah sangat lama lampau; zaman purba;

– baheula zaman dahulu;

– batu bagian dr zaman prasejarah ketika manusia masih hidup di gua-gua, belum mengenal pertanian, dan menggunakan peralatan dr batu;

– batu baru neolitikum;

– batu tua paleolitikum;

– Belanda masa ketika Pemerintah Belanda menguasai Indonesia;

– besi bagian dr zaman prasejarah ketika manusia masih menggunakan alat senjata dan peralatan lain yg dibuat dr besi;

– dahulu masa yg telah lama lampau;

– es periode geologi ketika es dan gletser menutupi daerah yg luas di benua-benua; glasial;

– kini masa sekarang ini;

– malaise zaman ketika perekonomian dunia mengalami kesulitan; zaman serba sukar (biasanya dikatakan tt masa sekitar tahun 1930);

– Pendudukan Jepang masa ketika Indonesia diduduki Jepang;

– perunggu zaman sesudah zaman batu akhir yg ditandai oleh adanya peralatan senjata dsb yg dibuat dr perunggu;

– prasejarah zaman ketika orang belum mengenal sejarah; zaman sebelum sejarah;

– tandun masa dahulu kala;

– tersier Geo zaman sebelum kuarter yg meliputi 65 juta tahun sebelum Masehi

 

Ya, itulah pengertian kata zaman yang ada di dalam bahasa Indonesia. Penggunaannya sendiri, bisa kita temui dalam berbagai kesempatan. Salah satunya adalah tulisan Rendra berjudul Proses Kreatif Saya yang sangat mencerahkan itu. Ingat, pada tulisan itu Rendra menggunakan kata jaman, karena dia menulisnya di tahun 1982.

Itulah pembahasan kita mengenai arti kata zaman atau jaman. Semoga bermanfaat dan memberikan pemahaman yang utuh kepada pembaca sekalian!

This entry was posted in Kamus and tagged , , . Bookmark the permalink.

One Response to Arti Kata Zaman atau Jaman

  1. Pingback: Tips Menyunting Sendiri (Self Editing) untuk Penulis | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>