Berkelana di Negeri Belanda Bersama Novel “Negeri Van Oranje”

Anda menyukai cerita yang renyah, bahasa yang populer, namun tetap memiliki informasi tebal di dalamnya? Maka Novel Negeri Van Oranje yang dikarang oleh 4 anak muda jebolan universitas di Belanda ini adalah bacaan wajib bagi anda.

***

Kata siapa kuliah di luar negeri itu gampang? Perkenalkan Lintang, Banjar, Wicak, Daus, dan Geri. Lima anak manusia terlahir di Indonesia, terdampar bersekolah di Belanda demi meraih gelar S2. Mulai dari kurang tidur karena begadang demi paper, kurang tenaga karena mesti genjot sepeda berkilo-kilo meter bolak-balik ke kampus setiap hari, sampai kurang duit hingga terpaksa mencari pekerjaan paruh waktu; semua pernah mereka alami.

Selain menjalani kisah susah senangnya menjadi mahasiswa rantau di Eropa, mereka juga menjalin persahabatan dan berbagi tip bertahan hidup di Belanda. Mereka pun bergelut dengan selintas pertanyaan di benak mahasiswa yang pernah bersekolah di luar negeri: untuk apa pulang ke Indonesia? Dalam perjalanan menemukan jawaban masing-masing, takdir menuntut mereka memiliki keteguhan hati untuk melampaui rintangan, menggapai impian, serta melakukan hal yang paling sulit: the courage to love!

Novel ini ditulis dengan gaya lincah, kocak, sekaligus menyentuh emosi pembaca. Kita juga akan diajak berkeliling mulai dari Brussel hingga Barcelona, mengunjungi tempat-tempat memikat di Eropa, dan berbagi tip berpetualang ala backpacker.

***

Yang anda baca barusan adalah blurb dari Novel Negeri Van Oranje. Dan sejujurnya, jika menurut anda blurb di atas cukup menarik, anda harus membaca buku ini sampai tuntas. Terlepas dari jumlah halamannya yang menurut saya terlalu tebal, tapi detail setting Belanda dan Eropa yang ada di dalam buku ini akan memesona anda. Tak hanya itu, cara penyajian yang menggunakan bahasa yang santai serta terkadang kocak, akan menjadi hiburan tersendiri bagi para anak muda yang biasanya malas membaca buku dengan bahasa yang berat. Dan terakhir, tentu saja alur cerita yang diceritakan dalam novel ini jauh dari membosankan.

Melalui buku ini, kita akan memahami secara detail bagaimana rasanya hidup di Belanda. Mulai dari aturan-aturannya yang ternyata sangat ribet, gilanya tugas yang menunggu di kampus, rasanya bepergian di Belanda, dan masih banyak lainnya. Bagi saya, membaca buku ini bisa membuat anda menyukai Belanda, bahkan bagi anda yang masih tidak terima dengan perlakukan Belanda kepada Indonesia di masa kolonial dulu.

Selamat membaca!

Detail Buku

Judul Buku : Negeri Van Oranje

Penulis : Wahyudiningrat, Adept Widiarsa, Nisa Riyadi, dan Rizki Pandu Permana.

Penerbit : Bentang Pustaka

Tahun Terbit : 2009

Jumlah Halaman : 477

This entry was posted in Buku. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>