Biografi Singkat Sapardi Djoko Damono

Sapardi - Aku Ingin

Sapardi Djoko Damono, siapa yang tak mengenal orang ini? Dia adalah salah satu sastrawan terkenal di negeri ini. Puisi-puisinya yang sederhana telah banyak memenangkan hati orang Indonesia. Kata-katanya mudah dipahami, menyentuh keseharian masyarakat, namun masuk menelusup ke dalam nurani para pembaca. Dia adalah salah satu anugerah Tuhan untuk bangsa Indonesia. Dan karena alasan-alasan itu, biografinya menjadi penting. Tulisan kali ini akan mengulas mengenai biografi singkat Sapardi Djoko Damono.

Sapardi lahir di Surakarta, pada 20 Maret 1940. Masa kecil dan remajanya dihabiskan di Solo. Hingga kemudian, dia melanjutkan kuliahnya di Sastra Inggris Universitas Gadjah Mada. Di masa-masa pembelajaran hidup ini, dia sudah rajin mengirimkan karya dan tulisannya ke berbagai media.

Sapardi menjadi redaktur di beberapa majalah Sastra terkemuka seperti, “Horison”, “Kalam”, dan “Basis”.

Dalam perkembangan karirnya, Sapardi akhirnya menjadi dosen di Universitas Indonesia, dan akhirnya menjadi guru besar di sana.

Sapardi memiliki banyak sekali karya-karya yang bisa dinikmati. Beberapa puisinya yang cukup menggoda adalah: Aku ingin (seperti yang anda lihat pada gambar di atas, indah bukan?), Dalam Bis, Nokturno, Mata Pisau, Perahu Kertas.

Selain membuat puisi dan sajak yang meneduhkan jiwa, Sapardi juga sering menulis opini, kolom dalam berbagai topik. Bahkan, tidak jarang dia juga menulis tentang sepakbola.

Karya-karya Sapardi juga sering diapresiasi dengan musikalisasi. Mahasiswanya, sering membuatkan musikalisasi untuk menghormati karya-karyanya yang memang sepanjang zaman.

Mungkin anda penasaran dengan karya-karya Sapardi? Jangan khawatir, di sastranesia, kami sudah sediakan satu buah e-book yang dapat anda download dan baca di komputer anda. E-book ini merupakan digitalisasi dari buku puisi Sapardi yang berjudul: Hujan Bulan Juni. Silahkan mengklik untuk langsung mendownload Hujan Bulan Juni karangan SDD.

Itulah tadi biografi singkat dari Sapardi Djoko Damono. Semoga dapat bermanfaat dan membuat kita semakin mengenal Sapardi Djoko Damono.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Tokoh and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>