Blunder

Dewasa ini ,masyarakan sudah sering menggunakan kata ‘blunder’. Kata yang memang terkenal di kalangan jurnalis. Sejak tahun 200an, sudah banyak media yang menggunakan istilah blunder untuk memperkuat tulisannya. Namun apakah sebenarnya istilah blunder itu?

Sangat menarik jika kita mencari kata blunder di kamus besar bahasa Indonesia (KBBI). Karena kata itu ternyata tidak ada di dalam kamus besar bahasa Indonesia. Jadi, bisa dibilang istilah blunder sebenarnya bukan termasuk dalam bahasa Indonesia. Lalu darimana kata blunder berasal?

Ternyata, blunder muncul dari bahasa Inggris. Bahasa yang memang diagung-agungkan oleh banyak jurnalis Indonesia. Wajar, mengingat banyak dari teman-teman wartawan yang belajar dari Amerika Serikat (baik langsung ataupun tidak langsung) dalam hal dunia jurnalistik.

Dalam bahasa Inggris, blunder memiliki arti sebagai berikut:

1. To move clumsily or blindly.
2. To make a usually serious mistake.
3. To make a stupid, usually serious error in; botch.
4. To utter (something) stupidly or thoughtlessly.

Jadi memang, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa blunder berarti melakukan kesalahan. Sederhana sebenarnya, dan di Indonesia ada banyak kata lain yang bisa digunakan untuk menjelaskan sesuatu yang bermakna sama dengan blunder, misal: kesalahan, kecerobohan, kebodohan, salah langkah, dll.

Tapi karena sudah sering digunakan, maka banyak orang yang mengira bahwa kalimat blunder sudah menjadi kata serapan dalam bahasa Indonesia, padahal belum. Seharusnya penggunaan kata blunder tidak terlalu diforsir oleh para penulis, karena kata itu masih belum menjadi kata Indonesia yang baku.

Contoh penggunaan kata ‘blunder’:

Blunder Valdez di depan gawang memudahkan Ronaldo mencetak gol ketujuhnya di gawang Barcelona pada duel el classico malam itu.

Banyak orang yang berpendapat presiden SBY telah melakukan blunder besar dengan memilih Roy Suryo sebagai Menpora yang baru.

Semoga bermanfaat!

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to Blunder

  1. Hattie says:

    I see you share interesting content here, you can earn some additional cash, your blog has big potential, for the monetizing method, just type in google
    - K2 advices how to monetize a website

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>