[Buku] Antologi Sastra Daerah Nusantara

Sastra menawarkan berbagai fakta kehidupan melalui kekuatan imajinasi pengarang. Lewat karya sastra itu pula, ia masuk ke dalam kehidupan manusia melalui dua pintu, yakni hati nurani menuju ke pintu akal budi. Indonesia kaya dengan peninggalan karya sastra kontemplatif seperti ini.

Atas dasar penimbangan di atas itulah maka buku sederhana ini hadir di tangan pembaca, sebuah sumbangan kecil sekaligus wujud peduli kami terhadap kesatuan dan persatuan bangsa Indonesia. Apa yang tertuang di dalamnya mungkin isinya tidaklah terlalu baru dan istimewa, karena kegiatan semacam ini telah banyak yang dilakukan. Tapi paling tidak, dengan membaca buku ini kita dapat mengenal kembali wajah jati diri kita sebagai bangsa Indonesia dan memahami berbagai kearifan tradisional kita yang tertuang di dalam berbagai karya sastra.

Ada dua sumber data yang digunakan dalam penyusunan buku ini, yakni pertama, hasil-hasil penelitian yang telah digarap oleh berbagai ahli tentang karya sastra daerah, baik lisan maupun tulisan. Hasil-hasil penelitian yang dimaksud adalah transkripsi dan terjemahan sastra daerah. Tentu saja teks-teks tersebut pembacanya terbatas di kalangan orang-orang tertentu saja, yang tidak menjangkau pembaca umum, karena masih menggunakan gaya bahasa lama dan cita rasa sastra dari daerah yang bersangkutan. Kedua, beberapa karya sastra dalam bentuk cerita rakyat yang telah diterbitkan, cerita tersebut diolah kembali untuk disesuaikan dengan tujuan penerbitan, yakni memperkenalkan wajah sastra daerah Nusantara dalam bentuk bahasa yang komunikatif. Karena itulah, karya sastra yang tertuang dalam buku ini sengaja disadur dalam bentuk yang populer, maksudnya agar para pembaca umum dapat membaca dan menikmatinya.

***

Buku ini lahir berkat andil dari beberapa penulis. Sastrawan-sastrawan itu adalah: Abd. Rasyid Asba, Achyar Asmu’ie, Atisah, Indriati Lewa, I Made Suparta Maria Indra Rukmi, Maini Trisna Jayawati, Mohammad Jaruki, Muhammad Rapi Tang, S. Amran Tasai, Shaifuddin Bahrum, Sri Sukesi Adiwimarta, Suyono Suyatno, dan Yoseph Iskandar.

Sedang editor tunggal untuk buku ini adalah Nurhayati Rahman sempat aktif sebagai pemimpin Pusat Studi Melayu Universitas Hasanuddin.

***

Buku ini sangat cocok bagi anda yang berminat untuk mendalami kekayaan sastra dari berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dengan bahasa saduran yang populer, membuat anda yang tidak begitu akrab dengan sastra daerah, tetap bisa menikmatinya dengan baik.

This entry was posted in Buku and tagged , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to [Buku] Antologi Sastra Daerah Nusantara

  1. Pingback: Pocut Muhammad (Sastra Daerah Aceh) | SastraNesia

  2. Pingback: Raja Dangol Halungunan (Sastra Daerah Batak) | SastraNesia

  3. Pingback: Putri Gading Cempaka, Sastra Daerah Bengkulu | SastraNesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>