Buku : Inilah Bahasa Indonesia yang Benar

Cover Buku Inilah Bahasa indonesia yang Benar oleh JS Badudu

Buku Inilah bahasa indonesia yang benar merupakan salah satu buku terbaik dari pengabdi bahasa Indonesia masyhur di negeri ini, JS Badudu. Buku ini sangat layak dijadikan referensi bagi anda yang ingin belajar dan mendalami bahasa Indonesia dengan lebih baik lagi.

Mungkin anda pun pernah mendengar keluhan bahwa banyak pelajar dan mahasiswa kita yang belum mampu menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Ini terbukti bila mereka disuruh membuat karya tulis ataupun skripsi.

Para pelajar dan mahasiswa ini tentulah bukannya tidak mau dan tidak ingin memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Persoalan mereka barangkali adalah betapa sulitnya menemukan buku petunjuk praktis ke arah itu.

Buku Inilah Bahasa Indonesia yang Benar ini dapat dianggap sebagai salah satu usaha ke arah berbahasa Indonesia dengan baik dan benar itu. Pengarang memberi petunjuk (berikut contoh-contohnya) pemakaian ejaan yang benar, kata yang tepat, awalan, akhiran, imbuhan, serta petunjuk mengenai pelbagai soal kebahasaan. Juga disertakan kamus yang berisi kata-kata mutakhir yang sering digunakan dalam bahasa Indonesia masa kini.

Barang siapa yang ingin menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, sudah sepatutnyalah membaca buku ini. Dan sudah sewajarnya pula setiap keluarga Indonesia memiliki buku yang amat bermanfaat ini.

Biografi Singkat JS Badudu

JS Badudu (=Yus Badudu), lahir 19 Maret 1926 di Gorontalo, Sulawesi Utara. Menyelesaikan pendidikan di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran (1963), pernah mengikuti studi Pascasarjana Linguistik di Rijksuniversiteit Leiden, Belanda (1971-73), dan terakhir meraih gelar Doktor dalam bidang Linguistik di Fakultas Sastra Universitas Indonesia (1975) dengan disertasi berjudul Morfologi Kata Kerja Bahasa Gorontalo. Pernah mengisi siaran Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI (1977-79) dan hingga saat ini menjadi pengajar di Sekolah Pascasarjana IKIP Bandung dan Lektor Kepala di Fakultas Sastra Universitas Padjajaran Bandung.

Karya-karyanya: Kemampuan Bahasa Indonesia Untuk SMTA 3 jilid (dkk), RahasiaUngkapan, Penuntun Ujian Bahasa Indonesia untuk SMP, Kesuma (bunga rampai Arab-Melayu) untuk SPG/SMA Budaya 2 jilid (dkk), Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI terbit sekali, kemudian diganti dengan Membina Bahasa Indonesia Baku seri 1 dan 2, Morfologi Bahasa Gorontalo, dan lain-lain.

Data lengkap buku:

Judul: Inilah Bahasa Indonesia yang Benar

Penulis: JS. Badudu

Penerbit: PT Gramedia Jakarta

Tahun terbit: 1983

Jumlah halaman: 153

This entry was posted in Buku and tagged , , , . Bookmark the permalink.

14 Responses to Buku : Inilah Bahasa Indonesia yang Benar

  1. Pingback: Masalah Persesuaian (Concord) dalam Bahasa Indonesia | SastraNesia

  2. Pingback: Kata Ulang dan Masalahnya | SastraNesia

  3. Pingback: Bentuk Menelusuri dan Menyelusuri | SastraNesia

  4. Pingback: Ungkapan “tidak semena-mena” yang menjadi “semena-mena” | SastraNesia

  5. Pingback: Suatu Hal atau Sesuatu Hal | SastraNesia

  6. Pingback: Pemakaian Kata dengan Makna yang tidak Tepat | SastraNesia

  7. Pingback: Bentuk “mempertanyakan” Sebagai Bentuk Baru | SastraNesia

  8. Pingback: Bentuk Kontaminasi “mengenyampingkan” dan “dipelajarkan” | SastraNesia

  9. Pingback: Akhiran -iah dari Bahasa Arab | SastraNesia

  10. Pingback: Akhiran –isme/-ism dan Akhiran –isasi, -sasi, -asi | SastraNesia

  11. Pingback: Akhiran -if dan -logi | SastraNesia

  12. Pingback: Bahasa Surat | SastraNesia

  13. Pingback: Surat Menyurat | DikaMegantara12

  14. Pingback: SURAT MENYURAT | ^.^ Mentarinita ^.^

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>