[Buku] Membicarakan Puisi Indonesia oleh Ajip Rosidi

[Buku] Membicarakan Puisi Indonesia oleh Ajip Rosidi

Perjalanan bahasa Indonesia untuk muncul menjadi bahasa yang dipakai oleh rakyat Indonesia tidaklah singkat. Ada banyak lika-liku yang menyertainya. Banyak pula tokoh yang berperan serta dalam perjalanannya itu. Banyak orang mengira awal perjuangan Bahasa Indonesia adalah saat dikumandangkannya Sumpah pemuda. Namun ternyata, jauh sebelum itu, perjuangan mempergunakan bahasa Indonesia (metamorfosis dari bahasa melayu) sudah dimulai. Salah satu mediumnya adalah dengan Puisi. Karena itulah, dalam bukunya ini, Ajip Rosidi ingin membicarakan Puisi Indonesia.

Buku Membicarakan Puisi Indonesia ini, membahas perkembangan dunia sastra dalam sajak dan puisi secara komprehensif. Pembahasan dari satu tokoh ke tokoh lain turut membuat buku Membicarakan Puisi Indonesia semakin menarik dan cocok untuk dibaca.

Pengetahuan penulis yang luas soal kesusastraan Indonesia pun menjadi cakrawala tersendiri yang memperkaya buku. Ajip Rosidi, sebelum menyusun buku Membicarakan Puisi Indonesia ini, sudah menyusun buku lain yang juga berhubungan, yaitu buku Membicarakan Cerita Pendek Indonesia (Jakarta, 1959).

Buku Membicarakan Puisi Indonesia ini, membahas dunia puisi Indonesia di masa sebelum dan sesudah perang. Tokoh-tokoh revolusioner banyak mendapat tempat di dalam buku ini. Tidak semuanya adalah penyair, ada pula yang negarawan, namun menciptakan karya puisi yang menggugah dan memberi perbedaan.

Beberapa tokoh itu antara lain: Muhammad Yamin (Puisi Tanah Air, Puisi Kemegahan), Rustam Effendi, Sanusi Pane, J.E. Tatengkeng, Sutan Takdir Alisjahbana, Amir Hamzah, Armijn Pane, Asmara Hadi, OR.Mandank, dan A, Hasjmy. Selain membahas mengenai puisi dan sajak revolusionernya, Ajip juga memberikan biografi singkatnya kepada pembaca. Sebuah buku yang layak dibaca untuk penikmat sastra dan Bahasa Indonesia.

Dalam pencarian datanya, Ajip banyak menemukan bahan dari pusat dokumentasi sastra modern yang dirintis oleh HB Jassin. Sekali lagi, terlihat sumbangan besar dari seorang HB Jassin dalam memajukan dunia sastra dan bahasa Indonesia.

Detail Buku:

Judul: Membicarakan Puisi Indonesia

Penulis: Ajip Rosidi

TahunTerbit Cetakan Pertama: 1975

Penerbit: C.V. Peladjar

Kota: Bandung

Jumlah Halaman: 194

10 Replies to “[Buku] Membicarakan Puisi Indonesia oleh Ajip Rosidi”

Bagaimana pendapat anda?

%d bloggers like this: