[Buku] Mempertimbangkan Tradisi (Kumpulan Opini Rendra)

Bagi penggemar Rendra, pastilah sudah sering membaca karya-karya sastranya yang penuh dengan keunikan. Namun, jarang yang mengetahui bahwa Rendra juga sering menulis sebuah karya ilmiah berupa opini. Opini-opini itu mengerucut kuat seiring dengan kedalaman pemikiran Rendra, yang tentu juga melandasi pembuatan karya sastranya.

Buku ini merangkum pemikiran-pemikiran Rendra itu ke dalam satu buah kliping yang memudahkan kita membacanya. Opini-opini Rendra yang tersebar di berbagai media massa saat itu, tentu sudah sangat jarang dapat kita temui di masa sekarang, mengingat banyak media massa yang menayangkan tulisan Rendra itu sudah tidak ada. Untungnya, dengan membaca buku ini, kita dapat mengetahui opini terkenal Rendra dalam satu waktu, sekarang.

Pengumpulan artikel ini mendapatkan bantuan dan izin resmi dari Redaksi Majalah Basis, Redaksi Harian Kompas, Redaksi Harian Sinar Harapan, dan Pusat Dokumentasi Sastra HB. Jassin, Jakarta.

Buku ini sendiri oleh penyunting dibagi dalam 4 bagian besar. Bagian pertama adalah Mempertimbangkan Tradisi. Bagian kedua Teater Modern Di Indonesia. Bagian ketiga Seni dan Masyarakata. Dan bagian terakhir yaitu Gerakan Mahasiswa dan Ludruk.

Jarang orang menyadari bahwa Rendra adalah juga seorang pemikir-pemikir kebudayaan. Biasanya, orang mengenalnya sebagai seorang aktor dan dramawan yang selalu kebanjiran penonton, serta sebagai penyair dan pembaca puisi yang selalu dipadati pengunjung.

Buku ini menghimpun karangan-karangan Rendra terpenting selama lima belas tahun dari 1967-1982 yang tersebar di pelbagai media dan tempat. Karangan-karangan itu antara lain berbicara mengenai tradisi, drama/teater, sastra, film, gerakan mahasiswa di Indonesia, dan tak ketinggalan tentang proses kreatif Rendra sebagai penyair serta konsep yang mendasari Bengkel Teater dan Teater Mini Kata-nya. Kesemuanya itu ditulis dengan sikap dan pendirian yang khas dan tegas.

Para budayawan, peneliti kebudayaan, mereka yang berkecimpung di bidang seni, sastra, teater/drama, dan khalayak peminat kebudayaan pada umumnya, sudah sepatutnyalah memiliki buku ini. Dan mereka yang ingin memahami kesenimanan Rendra, wajib membaca buku ini. – Buku ini adalah sumbangan yang amat berharga bagi dunia pemikiran kebudayaan di Indonesia.

Data lengkap buku:

Judul : Mempertimbangkan Tradisi

Penulis: Rendra

Diedit oleh: Pamusuk Eneste

Diberi penutup oleh: Ignas Kleden

Penerbit: Penerbit PT Gramedia Jakarta

Tahun terbit: 1983

Jumlah halaman: 130

 

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Buku and tagged , , . Bookmark the permalink.

12 Responses to [Buku] Mempertimbangkan Tradisi (Kumpulan Opini Rendra)

  1. Pingback: Biografi Singkat WS. Rendra | SastraNesia

  2. Pingback: Opini WS Rendra: Melawan Mesin (Bagian 1) | SastraNesia

  3. Pingback: Opini Rendra: Melawan Mesin (Bagian 2) | SastraNesia

  4. Pingback: Opini Rendra tentang Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I | SastraNesia

  5. Pingback: Simbolisme Sultan Hamengku Buwono (Bagian 2) | SastraNesia

  6. Pingback: Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I (bagian 3) | SastraNesia

  7. Pingback: Simbolisme Sultan Hamengku Buwono I (Bagian 4-akhir) | SastraNesia

  8. Pingback: Spesial Rendra | SastraNesia

  9. Pingback: Latihan Sultan Hamengku Buwono I di Masa Remaja (Bagian 1) | SastraNesia

  10. Pingback: Proses Kreatif Saya (Rendra) Sebagai Penyair (Bagian 1) | SastraNesia

  11. Pingback: W.S Rendra, Si Burung Merak – Hanya Orang Biasa

  12. Pingback: Biografi Tokoh Idola – Site Title

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>