[Buku] Sastra Nusantara (Suatu Pengantar Studi Sastra Melayu) oleh Drs. Bakar Hatta

Bagi anda yang mencari buku tentang khazanah sastra nusantara khususnya Melayu, maka buku ini akan sangat membantu anda.

Buku ini dimaksudkan untuk membantu para mahasiswa yang kesulitan memperoleh bahan bacaan tentang Kesusastraan Melayu, baik Melayu di semenanjung ataupun di Indonesia (dalam buku ini penulis lebih cenderung untuk menggunakan kata “Nusantara”).

Bagi peminat lainnya dan guru-guru bahasa Indonesia, buku ini juga dapat dipakai di samping buku lainnya yang telah ada dan telah dibaca. Bukankah di dalam hasil sastra lama itu banyak tersimpan nilai-nilai luhur bangsa kita yang perlu dikembangkan? Beberapa hasil sastra lama itu di sini akan kita bicarakan sambil menyelami problematika yang terkandung di dalamnya, kita akan bertemu dengan nilai-nilai yang telah lama tersimpan dalam bumi sastra kita.

Menyelami problematika di dalam warisan nenek moyang yang dimaksudkan untuk membuka pemikiran kita, sambil menghargainya dengan jujur dan sepenuh hati.

Dan penulis yakin, di dalamnya akan dijumpai kekurangan-kekurangan, baik dari segi materi ataupun bentuk penyajiannya. Penulis berkeyakinan bahwa, tak satu pun buku yang dapat memenuhi segala macam kebutuhan. Untuk mengisi kekurangan yang ada, diharapkan tegur sapa dari pembaca yang budiman. Terima kasih.

Padangpanjang, November 1982

Penulis

Yang ada baca di atas adalah kata pengantar dari buku Sastra Nusantara (Suatu Pengantar Studi Sastra Melayu) yang ditulis sendiri oleh penulisnya, yaitu Drs. Bakar Hatta.

Buku ini sendiri, seperti yang ditulis di atas, memang berhasil menyajikan berbagai data dan studi pustaka yang dibutuhkan untuk mempelajari Sastra Melayu yang konon sangat luhur itu. Jangan lupa juga, Sastra Melayu adalah cikal-bakal dari Sastra Indonesia yang kita kenal saat ini. Bagaimanapun juga, Puisi Tanah Air dari Muhammad Yamin yang masih kental dengan sentuhan bahasa Melayu adalah puisi pertama yang menggunakan bahasa Indonesia.

Mustahil menggali napak tilas Sastra Indonesia, tanpa mempelajari Sastra Melayu. Karena itulah, buku ini sangat direkomendasikan kepada anda, para penikmat sastra.

Data lengkap buku:

Judul                                     : Sastra Nusantara (Suatu Pengantar Studi Sastra Melayu)

Penulis                                 : Drs. Bakar Hatta

Penerbit                              : Ghalia, Jakarta Timur, Indonesia

Tahun Terbit                      : Februari 1984

Jumlah Halaman               : 96

This entry was posted in Buku and tagged , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>