Diksi dan Deiksis

Kata diksi dan deiksis sekilas terlihat sama. Kadang, tak jarang pula orang salah menulis. Inginnya menunjuk kata ‘diksi’ tapi kata yang kemudian ditulis adalah ‘deiksi’ atau ‘deiksis’. Orang yang membaca pun kadang tidak terlalu memperhatikan. Padahal dua kata itu berbeda arti.

Diksi seperti yang telah banyak diketahui oleh masyarakat, menurut KBBI adalah pilihan kata yang tepat dan selaras (dalam penggunaannya) untuk mengungkapkan gagasan sehingga diperoleh efek tertentu (seperti yang diharapkan)

Sedang deiksis sayangnya berbeda jauh dari arti kata itu. Kata deiksis (de-ik-sis) menurut KBBI adalah hal atau fungsi menunjuk sesuatu di luar bahasa; kata yg mengacu kepada persona, waktu, dan tempat suatu tuturan.

Dalam bahasa yang lebih mudah, deiksis merupakan sebuah hal atau fungsi yang sebenarnya tidak dapat diketahui jika kita hanya berpacu pada satu kalimat saja, melainkan kita harus mengetahui dimensi dari kalimat itu sendiri. Contohnya adalah kalimat ini :
Beginilah nasib seorang bujangan.

Sepertinya aku tidak dapat pulang ke rumah tahun ini.

Kata beginilah pada kalimat pertama tidak dapat dijelaskan, karena uraian sebelum kalimat itu tidak diketahui. Nasib seperti apa yang dialami oleh bujangan? Kita tidak tahu kalau hanya melihat pada kalimat itu.

Lalu untuk kata kedua, kata aku, rumah, dan frasa tahun ini tidak dapat kita ketahui jika hanya mengacu pada kalimat itu. Siapa aku? Di mana rumah yang dimaksud? Tahun ini itu tahun berapa? Kita harus memiliki referensi dimensi lain sebelumnya untuk mengetahui maksud dari kata di atas.

Itulah deiksis, dan itu berbeda dengan diksi, jadi jangan sampai salah menuliskannya.

Semoga bermanfaat!

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>