Drum Mini Sebagai Media Kreasi Anak

Drum merupakan salah satu instrumen tertua di dunia. Instrumen ini telah digunakan sebelum tahun 6000 SM. Hampir semua kebudayaan berbagai belahan dunia mengenal drum, terutama kebudayaan Afrika. Dahulu, bangsa Afrika menggunakan drum untuk bermain musik yaitu untuk mengiringi tarian pada upacara adat, tanda peringatan bahaya maupun untuk menginstruksikan pasukan untuk maju ke medan perang. Namun tentu saja, bentuknya tidak sebagus dan selengkap drum masa kini.

 

Drum adalah kelompok alat musik perkusi yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, Bodhrán, Ashiko, snare drum, bass drum, tom-tom, beduk, dan lain-lain.

Drum mini adalah drum unik yang cocok untuk menyalurkan kreatisitas anak dalam bermusik, serta merangsang syaraf motorik anak.Drum mini ini cocok untuk menyalurkan hoby musik anak anda dan menyalurkan kreatifitas anak anda dalam bidang musik.

 

Drum set mini terdiri dari:

1 Bass Drum

1 Small tom-tom

1 Large tom-tom

3 Mini tom-tom

1 Cymbal

1 Pedal mechanism

2 Drum stick

1 Stand chair

*Untuk anak usia 3tahun keatas

 

Bagian-bagian dari sebuah drum set antara lain :

  • Bass Drum
  • Snare Drum
  • Tom Tom, tom tom ini terbagi menjadi dua yaitu mounted atau rack tom untuk tom tom yang menggunakan penopang, dan floor tom untuk tom tom yang menggunakan kaki.
  • Cymbal, untuk cymbal terbagi lagi ada hi hat, crash cymbal, ride cymbal, chinese cymbal, splash cymbal, effect cymbal.
  • Hardware, antara lain kursi drum, stand cymbal, pedal, stand hi hat, tom holder. doubel pedal , yaitu pedal drum yang jumlahnya ada 2

Biasanya drum dibagi berdasarkan kelasnya, ini dibagi menurut tingkat harganya. Ada yang disebut entry level atau drum untuk pemula. Ada juga drum untuk kelas menengah dan ada juga drum untuk kelas atas. Biasanya drum untuk kelas menengah dan kelas atas, membeli drum tidak disertai dengan cymbal. Untuk cymbal harus membeli tersendiri

 

Dalam musik pop, rock, dan jazz, drums biasanya mengacu kepada drum kit atau drum set, yaitu sekelompok drum yang biasanya terdiri dari snare drum, tom-tom, bass drum, cymbal, hi-hat, dan kadang ditambah berbagai alat musik drum listrik. Orang yang memainkan drum set disebut “drummer”.

 

Seiring dengan perkembangannya, saat ini semakin banyak seniman yang memilih drum sebagai pegangannya dalam bermusik. Sebut saja ‘Safri Duo’ dengan drumnya dapat menciptakan permainan yang sangat inovatif dan tidak kalah menarik dengan musik dari band lengkap. Akira Jumbo seorang Drummer no. 1 di Jepang yang menciptakan drum yang bisa menimbulkan nada, menghasilkan bunyi seperti instrumen lain, dan bisa untuk memainkan sebuah komposisi lagu.

This entry was posted in Bahasa and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>