Informasi Mengenai Bulan Bahasa

Mengapa penting bagi kita untuk mengetahui Bulan Bahasa?

Mungkin itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang-orang masa kini. Adakah urgensi untuk mengetahui bulan bahasa dan kemudian merayakannya?

Tentu saja kepentingan itu ada. Karena baik diakui atau tidak, bangsa ini berutang besar pada bahasa Indonesia, dan mungkin tidak akan pernah bisa membayarnya. Hal itu bisa terjadi, karena tanpa bahasa Indonesia, bisa dibilang tidak akan pernah ada komunikasi yang lancar antar masyarakat di masing-masing pulau dan suku. Pada tahun 2008 kemarin, pemetaan bahasa menyebutkan ada sekitar 442 bahasa yang terdapat di Indonesia. Jumlah yang sangat besar, dan mungkin tidak akan pernah bisa kita kuasai semuanya. Bahasa Indonesia adalah bahasa yang memungkinkan kita untuk dapat berkomunikasi dengan semua orang Indonesia, tanpa perlu menguasai ke-442 bahasa itu.

Bisa dibayangkan betapa susahnya kita tanpa bahasa Indonesia?

Jadi, penting rasanya untuk menghormati dan melestarikan bahasa kita ini, bahasa Indonesia. Penghormatan yang paling besar adalah dengan merayakan bulan bahasa ini, atau sekarang ini juga sudah mulai disebut dengan bulan bahasa dan sastra.

Kapan Bulan Bahasa diperingati?

Jika masih ada yang belum tahu kapan Bulan Bahasa (dan Sastra) diperingati, maka ingat baik-baik bulan ini: Bulan Bahasa dan Sastra diperingati setiap bulan Oktober (10). Dan ingat, namanya sudah bukan Bulan Bahasa lagi, tapi sudah menjadi Bulan Bahasa dan Sastra.

Mengapa Bulan Bahasa dan Sastra jatuh pada bulan Oktober?

Perlu diketahui bahwa Bahasa Indonesia lahir secara resmi pada tanggal 28 Oktober 1928. Tentu kita semua tahu itu hari apa bukan? Ya, itu adalah hari sumpah pemuda.

Salah satu ikrar di Sumpah Pemuda adalah menjadikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu bangsa Indonesia. Hal itu menjadi awal mula tingginya semangat nasionalisme termasuk di dalamnya penggunaan bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, hingga pada karya sastranya. Puisi ‘Tanah Air” karangan Muhammad Yamin adalah salah satu karya sastra yang mulai menggunakan bahasa Indonesia dan bukan bahasa Melayu.

Jadi, Bulan Bahasa dan Sastra jatuh pada bulan Oktober, karena pada bulan itu Sumpah Pemuda dilakukan dan menjadi kelahiran dari Bahasa Indonesia.

Apa yang biasanya dilakukan masyarakat untuk memperingati Bulan Bahasa dan Sastra?

Ada banyak cara yang dilakukan masyarakat Indonesia dalam memperingati Bulan Bahasa. Ada pentas seni yang menonjolkan keindahan aksara dalam pertunjukannya, seperti Theater, pembacaan puisi, apresiasi prosa, musikalisasi puisi dan masih banyak lainnya.

Selain itu, banyak juga lomba-lomba kepenulisan yang diadakan. Apakah itu lomba menulis novel, cerpen, ataupun puisi. Semuanya bertujuan pada satu hal: melestarikan bahasa Indonesia.

 

This entry was posted in Bahasa and tagged , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Informasi Mengenai Bulan Bahasa

  1. shalma says:

    terima kasih infonya :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>