Jenis-Jenis Cerita Fiksi Menurut Gagas Media

Perkembangan cerita fiksi di kalangan masyarakat dewasa ini semakin positif. Berbagai kisah rekaan dan karangan dari imajinasi penulis, kini merupakan salah satu genre yang banyak diminati oleh pembaca dan penulis. Banyak penulis baru yang menerobos kerasnya rimba dunia penerbitan melalui jenis ini. Di sisi lain, banyak pula pembaca yang mengenal dunia tulis-menulis karena membaca karya-karya dengan cerita imajiner yang ringan dan menyenangkan untuk dibaca.

Perkembangan positif dari cerita fiksi ini, membuat jenis-jenis barunya bermunculan. Jenis-jenis yang membagi fiksi ke dalam cerita-cerita detail yang semakin khusus lagi. Masih fiksi, namun alurnya semakin khusus. Salah satu penerbitan mainstream yang membuat pembagian jenis-jenis fiksi ini adalah Gagas Media.

Sebagai sebuah media penerbitan buku yang mainstream, Gagas Media mencoba memudahkan pembaca dan calon penulisnya untuk mencari, jenis fiksi mana yang cocok dan sesuai dengan karakter mereka. Gagas dengan cerdas membagi karya fiksi ke dalam beberapa jenis, berdasarkan alur dan setting ceritanya. Inilah beberapa jenis Fiksi menurut Gagas Media:

1. Romance

- Domestic Drama

Mengungkap kehidupan rumah tangga, terutama bagi yang baru mulai berumahtangga, memang memiliki keunikan tersendiri. Saat ini, tidak jarang penulis yang membuat novel dengan latar belakang keluarga. Kamu juga bisa menulis kehidupan seperti itu.

-Mainstream Romance

Mainstream Romance merupakan kategori novel romance yang tokoh utama wanitanya sudah di-set sejak awal untuk berjodoh dengan tokoh utama laki-lakinya.

-Baby Love

Romance adalah genre yang dinamis dan salah satu buktinya adalah kelahiran genre Baby Love ini. Tokoh utama perempuan adalah single mother, sedangkan tokoh laki-lakinya kelak akan menerima keadaan si tokoh perempuan dan juga anaknya—sebaliknya juga bisa.

2. Young Adult (remaja)

-Campus Drama

Pembaca akan dibawa ke kehidupan mahasiswa dengan segala masalah yang kelak akan dihadapinya. Di antara SKS, jadwal kelas kuliah, skripsi, interaksi dengan dosen dan staf kampus, KRS, ujian, kuliah semester pendek, asrama/rumah kost, si tokoh utama mendapatkan pelajaran yang tidak ditemukannya di SMU: belajar mandiri, persahabatan, pahit manis hidup jauh dari orangtua—dan kalau beruntung… cinta.

-Realistic Fiction

Novel remaja nggak melulu menyoal percintaan. Mereka juga ingin dilibatkan dalam permasalahan dalam keluarga, menyelesaikan sendiri persoalan pribadinya, dan belajar dari kesalahan yang mereka buat di hari-hari lalu. Kalau kamu merasa bisa menyajikan novel yang memperlihatkan kehidupan realistis remaja yang sebenarnya, mungkin ini adalah genre yang kamu cari.

-Teen Romance

Teen Romance merupakan kategori novel romantis yang ceritanya ringan. Seperti halnya kisah cinta masa remaja kebanyakan.

Itulah jenis karya fiksi menurut Gagas Media. Tentu saja, tidak semua penerbit menyetujui pembagian jenis fiksi seperti ini. Bisa dibilang setiap penerbit memiliki versinya sendiri dalam membagi jenis karya fiksi. Jika kamu adalah seorang penulis pemula, disarankan untuk mengikuti aturan penerbit terlebih dahulu, agar jalan menerbitkan buku pertama bisa terbuka. Jika kamu adalah pembaca karya sastra dan populer, maka tak perlu risau memikirkan jenis fiksi seperti ini, nikmati sajalah…

This entry was posted in Sastra and tagged , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Jenis-Jenis Cerita Fiksi Menurut Gagas Media

  1. Clara says:

    Okeh, makasih infonya :D
    smoga realistic fiction gue bisa diterima ama gagas media hehe

  2. Lisna sari says:

    Bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>