Kamus – Juita dan Juwita

Selama ini, kita sering melihat penulisan kata ‘juwita’ secara masif. Memang pada dasarnya kata juwita merupakan kata yang seksi dan sering digunakan sebagai penanda keromantisan atau keindahan. Namun sayangnya, di dalam bahasa Indonesia yang baku, tidak pernah ada kata juwita, yang ada adalah kata juita. Keduanya memiliki makna yang sama,  hanya saja juwita adalah kata yang salah kaprah dan sering digunakan masyarakat. Sedang pada kamus besar bahasa Indonesia, tidak ada kata juwita, yang ada adalah kata juita.

Lalu apa arti dari kata juita itu sendiri? Menurut KBBI, inilah arti kata dari juita:

Juita = ju·i·ta kl 1 n nyawa; kekasih; buah hati: oh — ku sayang, berilah aku harapan; 2 a cantik; elok (tt gadis, wanita)

Jadi secara garis besar, juita adalah kata yang bermakna tentang kekasih dan keindahannya. Karena itulah, kata juita seringkali digunakan dalam berbagai puisi. Termasuk puisi kemegahan karangan Ahmad Yamin yang juga merupakan salah satu puisi pertama yang menggunakan Bahasa Indonesia.

Kesalahan penggunaan kata juita menjadi juwita sendiri menurut hemat penulis tidak perlu terlalu disikapi secara berlebihan. Di tengah arus komunikasi yang begitu deras, memang kebakuan bahasa sudah banyak dilupakan oleh masyarakat. Kesalahan-kesalahan lain seperti pemakaian kata ‘semena-mena’ pun juga sudah semakin lazim terjadi.

Namun bagi penulis, selama masih ada kesempatan untuk belajar dan menggunakan bahasa Indonesia yang benar, tidak ada salahnya kita terus mencoba. Salam sastra!

Kamus – Juita dan Juwita ditulis oleh penulis muda yang masih belajar banyak tentang bahasa Indonesia yang baku dan benar. Karenanya, jangan ragu untuk memberikan kritik yang membangun pada penulis pada kolom komentar. Terima kasih.

Your ads will be inserted here by

Easy AdSense.

Please go to the plugin admin page to
Paste your ad code OR
Suppress this ad slot OR
Suppress Placement Boxes.

This entry was posted in Kamus and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Kamus – Juita dan Juwita

  1. Pingback: [Puisi] Kemegahan oleh Muhammad Yamin | SastraNesia

  2. Nama saya juwita
    Ternyata yg benar juita
    :(

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>